
Berdiri sejak 1898, Bilbao senantiasa steril dari iklan komersil di seragam mereka. Pengecualian hanya terjadi di musim 2004/2005, saat tampil di ajang Piala UEFA. Ketika itu di bagian depan jersey Bilbao tertera kata "Euskadi".
Walaupun dari situ memperoleh ratusan ribu euro, tapi sponsorship tersebut dianggap tidak komersil karena merupakan kerja sama dengan pemerintah Basque, sebagaimana Bilbao adalah klub yang berbasis di negara otonomi dari Kerajaan Spanyol itu.
Tapi mulai musim ini tradisi tanpa sponsor itu akhirnya benar-benar patah. Belum lama ini klub yang dilatih Joaquin Caparros itu mengikat kontrak kesepakatan dengan Petronor, sebuah perusahaan minyak yang berbasis di Biscay, Basque.
Dengan demikian untuk pertama kalinya di jersey Bilbao akan terpampang logo sebuah perusahaan komersil. Kerja sama dengan Petronor berdurasi tiga tahun dan nilainya sekitar sebesar dua juta euro.
"Kami berkesimpulan bahwa supaya proyek seperti Bilbao ini tetap hidup, diperlukan dukungan dan masyarakat setempat,” demikian penuturan presiden klub, Fernando Garcia Marcua, hari Selasa (29/7/2008).
"Kesempatan ini akan membantu kami mempertahankan karakteristik kami yang sangat istimewa sebagai sebuah klub, dan memberi kami struktur ekonomi yang akan membantu menjadikan kami kompetitif,” sambungnya seperti dikutip Reuters.
Bilbao memiliki sebuah kebijakan khas yaitu hanya merekrut pemain-pemain yang berasal dari Basque, baik yang direkrut dari usia muda maupun yang digaet dari klub-klub lain, asalkan tetap dari Basque.
Sumber : copy paste dari detikSport.com
No comments:
Post a Comment