Thursday, May 27, 2010

'Saatnya Spanyol Berbicara'

Selama ini Spanyol dikenal sebagai tim yang beringas di babak kualifikasi Piala Dunia, namun justru meredup di panggung sesungguhnya. Tapi tidak demikian halnya tahun ini.

Sebagai salah satu tim kuat Eropa, Spanyol selalu gugur duluan sebelum mencapai partai puncak. Terhitung sejak Piala Dunia 1990, catatan terbaik mereka adalah mencapai babak perempatfinal pada Piala Dunia 1994 dan 2002. Sementara catatan terburuk adalah pada 1998, di mana mereka tak lolos dari fase grup.

Tetapi pada edisi tahun ini, 'Tim Matador' datang dengan status favorit. Keluarnya mereka sebagai juara Euro 2008, plus beberapa kali memuncaki ranking FIFA, membuat mereka mendapatkan status tersebut.

Bomber mereka, Fernando Torres, menyebut bahwa perhelatan Piala Dunia kali ini adalah sebuah tantangan untuk membuktikan status itu. Torres mengklaim, La Furia Roja punya potensi untuk berbicara banyak kali ini.

"Kami selalu melihat diri kami sebagai salah satu favorit dan kami tahu potensi kami. Tetapi, tahun ini berbeda, semua orang percaya pada kemampuan kami," ujarnya seperti dilansir ESPN Star.

"Mulut semua orang berharap kami bisa tampil bagus dan kami dianggap sebagai salah satu tim terkuat. Kami harus bermain dengan cara yang membuat negara kami bangga. Kami datang ke Piala Dunia dengan pengalaman menjuarai Piala Eropa," lanjutnya.

Namun, Torres juga sadar jika timnya bukan tak terkalahkan. Pengalaman di Piala Konfederasi 2009, di mana mereka ditaklukkan Amerika Serikat di semifinal, adalah pelajaran berharga bagi pasukan Matador ini.

"Kami tahu bagaimana caranya berkompetisi, kami tahu bagaimana caranya menang, tetapi kami juga tahu rasanya tersingkir di Piala Konfederasi. Hal itu membuat kaki kami tetap menjejak tanah."

"Piala Dunia kali ini adalah sebuah tantangan lainnya dan kami tak sabar menghadapinya. Kami punya kesempatan di sini," tandasnya.

Sumber : detiksports

No comments:

Post a Comment