Thursday, May 27, 2010

Valbuena Pahlawan Prancis

Prancis menang tipis 2-1 atas Kosta Rika dalam laga persahabatan yang dihelat di Stade Felix Bollaert, Kamis (27/5/2010) dinihari WIB. Tampil sebagai pahlawan Les Bleus adalah gelandang Marseille, Mathieu Valbuena.

Prancis memulai pertandingan dengan baik. Baru sembilan menit pertandingan berjalan, mereka sudah bisa menciptakan peluang emas. Sial bagi Prancis, tendangan kaki kanan Sidney Govou dari dalam kotak penalti masih bisa ditepis Keylor Navas.

Semenit berselang, Govou kembali mendapatkan peluang emas. Berawal dari sebuah sepak pojok, bola disundul olehnya yang tengah berada di tiang jauh. Namun, bola sundulannya melambung di atas mistar gawang.

Namun demikian, justru Kosta Rika duluan yang mencetak gol. Berawal dari sebuah serangan di menit 11, Carlos Hernandez yang berada di sisi kanan tak terkawal dengan baik oleh pertahanan Prancis. Hernandez melepaskan tembakan dan akhirnya mampu menaklukkan Steve Mandanda.

Pada menit 15, serangan Prancis yang dibangun Franck Ribery berhasil membuahkan hasil lewat Yoann Gourcuff. Sial bagi Prancis, Gourcuff lebih dulu terperangkap offside sehingga gol pun dianulir.

Prancis baru bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 22. Gol ini diawali oleh operan Jeremy Toulalan kepada Ribery. Setelah menahan bola sejenak, ia pun melepaskan sebuah sepakan yang kemudian membentur badan Douglas Sequeira. Gawang Navas bobol akibat gol bunuh diri Sequeira ini.

Kebobolan satu gol, Kosta Rika berusaha membalas. Pada menit 24, Bryan Ruiz melepaskan sebuah sepakan keras dengan kaki kiri. Sial bagi Ruiz, Mandanda dengan sigap berhasil membloknya.

Semenit sebelum babak pertama berakhir, Nicolas Anelka mengrimkan operan kepada Ribery melalui sundulan. Tetapi, peluang ini dibuang percuma oleh Ribery. Tendangannya masih mengarah tepat ke pelukan Navas.

Pertandingan di babak kedua masih berjalan seimbang untuk kedua tim. Prancis lebih dulu menciptakan peluang di menit 57. Umpan silang Ribery disambut oleh Thierry Henry, tetapi usaha penyerang Barcelona ini gagal setelah bola menyamping di sisi gawang.

Dua menit berselang, giliran Gourcuff yang mengancam gawang Kosta Rika. Menyambut operan Bacary Sagna, gelandang Bordeaux ini melepaskan sebuah sepakan kaki kanan. Sial bagi Gourcuff, tendangannya masih bisa digagalkan oleh Navas.

Prancis kembali mendapatkan kesempatan emas di menit 66, kali ini melalui Mathieu Valbuena. Tusukannya dari sisi kanan, diakhiri dengan tendangan melengkung kaki kiri. Tetapi, bola masih melebar tipis di samping gawang.

Valbuena akhirnya menjadi pemecah kebuntuan Prancis di menit 82. Operan Abou Diaby kepadanya tak disia-siakan. Dengan tenang, Valbuena melepaskan sebuah sepakan kaki kanan dan bola mengarah tepat ke sisi kiri gawang Navas. Prancis unggul 2-1.

Gol Valbuena tersebut menjadi gol terakhir yang tercipta dalam pertandingan ini. Gelandang Marseille ini pun tampil sebagai pahlawan 'Tim Ayam Jantan'.

Sumber : detiksports

No comments:

Post a Comment