Monday, June 28, 2010

Larrionda, Wasit 'Penganulir Gol Lampard” Pernah Diskorsing 6 Bulan

Jorge Larrionda, wasit yang menganulir gol Frank Lampard punya sejarah berliku dan gagal menjadi pengadil lapangan di Piala Dunia 2002 setelah dilarang menjadi wasit di kampung halamannya akibat penyimpangan yang dilakukannya.

Larrionda yang ditemani asisten pelatih Mauricio Espinosa menganulir gol yang ditembakkan Lampard yang seharusnya mengubah skor menjadi 2-2 buat Inggris pada babak 16 besar Piala Dunia Afrika Selatan. Wasit kontroversial itu pernah mendapat skorsing enam bulan tak boleh menjadi pengadil lapangan di Uruguay setelah melakukan kebijakan yang menyimpang, yang membuat FIFA mencoret namanya sebagai wasit di Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan.

Setelah blunder yang dilakukannya kali ini, Larrionda dan asistennya mendapat pengawalan ketat dari kepolisian di Bloemfontein. Pihak keamanan khawatir keselamatannya terancam.

Juru bicara kepolisian Afrika Selatan mengatakan akan menjamin tidak ada pihak-pihak yang bisa mendekati Larrionda dan asistennya Espinosa dan Pablo Fandino. “Wasit akan dilindungi oleh kesatuan polisi elit. Tidak seorangpun bisa mendekati mereka. Tingkat keamanan di sekeliling mereka tidak ada yang berubah sejak pertandingan sebelumnya. Namun mereka akan diberitahu untuk bersiaga dalam masalah apapun,” tegas Vishnu Naidoo, juru bicara kepolisian Afsel.

“Tentu akan ada nada ketidakpuasan pada fans Inggris. Namun kami akan memastikan mereka akan aman,” jelas naidoo.

Larrionda, 42 tahun juga memantik kontroversi setelah gagal melihat dengan jelas gol sahih yang dicetak pemain Brasil di Piala Dunia 2006 ketika melawan Kolumbia. Pada situasi yang hampir sama dengan tendangan Lampard, tandukan Adriano sempat menerjang tiang gawang dan masuk melintasi garis gawang namun tetap dianulir wasit tersebut.

Di Afrika Selatan, Larrionda sempat dikecam ofisial Serbia setelah tidak memberi hadiah penalti setelah tandukan Nemanja Vidic terlihat mengenai tangan Tim Cahill pada laga akhir penyisihan Grup D yang. Padahal kemenangan akan meloloskan Serbia ke 16 besar di mana pertandingan justru berakhir 2-1 buat kemenangan The Socceroos.

Asosiasi Sepak Bola Uruguay (AUF) menskorsing Larrionda enam bulan, dua hari setelah penetapannya sebagai wasit di Piala Dunia 2002.

Sumber : tempointeraktif.com

No comments:

Post a Comment