Saturday, August 7, 2010

Anelka Kembali ke Timnas Prancis

Pemain penyerang Nocolas Anelka dipastikan akan memperkuat tim Prancis dalam usaha melaju ke putaran final Kejuaraan Eropa 2012, kata pelatih baru, Laurent Blanc, Kamis.Penyerang Chelsea berusia 31 tahun itu dipulangkan lebih awal dari Piala Dunia di Afrika Selatan setelah bertengkar dengan pelatih Raymond Domenech.
Anelka dan 22 anggota skuad lainnya, yang pada wak tu mogok sehari untuk mendukung Anelka, tidak masuk dalam skuad Blanc untuk pertandingan pertamanya, pertandingan persahabatan melawan Norwegia di Oslo pada 11 Agustus.

Tetapi, mantan Boss Bordeaux itu menyatakan bahwa pintu masih terbuka bagi setiap pemain Prancis dan ia secara pasti tidak melarang Anelka untuk dipanggil kembali."Saya tidak mempunyai semacam informasi yang akan membuat saya untuk mengambil keputusan radikal semacam itu," katanya.

Suatu penyelidik terhadap kegagalan Prancis di Piala Dunia 2010 diharapkan menyiarkan laporannya hari Jumat dan kemukinan merekomendasikan sanksi lebih lanjut terhadap para pemain itu, meskipun Blanc berharap hal tersebut tidak akan merintangi usahanya untuk meloloskan Prancis ke Euro 2012.

"Yang terjadi di Afrika Selatan tidak dapat dihapus," katanya. "Itu meninggalkan goresan. Tetapi bila kita akan memberikan sanksi terhadap para pemain, ambilah tindakan disiplin terhadap mereka, kemudian saya kira Anda harus sangat berhati-hati.

"Saya menjadi pelatih untuk mencapai satu tujuan dan saya harap saya akan mempunyai pasukan berdasarkan pilihan saya. Adalah penting bahwa kita tidak menembak kaki kita sendiri sebelum berusaha mencapai tujuan kita, yakni Euro 2012. Hanya ada satu cara untuk menghapus kenangan Afrika Selatan dan itu adalah kemenangan."

Blanc juga membela keputusan untuk memasukkan penyerang Real Madrid, Karim Benzema, yang sedang diusut, bersama dengan Franck Ribery, dalam suatu penyelidikan polisi terhadap laporan-laporan bahwa mereka melakukan hubungan sex dengan pelacur di bawah umur.

Tuduhan tersebut membuat Menteri Kesehatan dan Olahraga Prancis, Roselyne Bachelot untuk mempertimbangkan agar mereka tidak dipilih dalam tim nasional, sambil menunggu hasil penyelidikan kasus tersebut."Tanggapan saya jelas, bersih, dan tepat dalam mengumumkan skuad saya," kata Blanc dikutip AFP.

"Bahkan bila ia tidak dalam keadaan fisik dan psikologi terbaik, penting untuk menyertakannya, karena Karim, seperti yang lainnya, dapat menjadi anggota inti integral tim Prancis di masa mendatang.Apa yang terjadi dalam kehidupan pribadinya tidak ada kaitannya dengan saya. Saya mempunyai hak untuk mengambil keputusan olahraga."

Larangan massal terhadap skuad Piala Dunia berarti bahwa 13 pemain antri untuk melakukan debut internasionalnya, sementara juga memberikan kesempatan kedua bagi pemain seperti gelandang Arsenal, Samir Nasri dan bek AS Roma, Philippe Mexes.

"Saya mempunyai kesempatan untuk berbicara dengannya (Mexes). Kita semua tahu bahwa ia mempunyai kualitas untuk menjadi bek tengah yang sangat baik. Ia telah menunjukkannya di Italia, tetapi belum untuk tim nasional."Saya memberitahukannya, ` kereta api sudah pernah berlalu. Naiklah ke gerbong bila ada kesempatan kedua`,"

Blanc juga mengatakan sejumlah wajah baru akan mendapat kesempatan bahkan meskipun ia belum memutuskan untuk menskors 23 pemain Piala Dunia."Ada beberapa pemain yang masuk daftar pemain yang diabaikan. Beberapa memutuskan untuk pensiun dan ada beberapa yang ada di benak saya untuk sementara. Juga ada posisi yang perlu dibangun kembali. Banyak yang harus dilakukan," tambahnya.

Tim asuhan Blanc itu akan melakukan pertandingan pertama babak penyisihan Euro 2012 melawan Belarus pada 3 September.

Berikut skuad Prancis di bawah asuhan Blanc :

Penjaga gawang: Nicolas Douchez (Rennes), Stephane Ruffier (Monaco)

Pemain belakang: Aly Cissokho (Lyon), Mathieu Debuchy (Lille), Rod Fanni (Rennes), Philippe Mexes (Roma/Italia), Adil Rami (Lille), Mamadou Sakho (Paris St Germain), Benoit Tremoulinas (Bordeaux)

Pemain tengah: Yohan Cabaye (Lille), Lassana Diarra (Real Madrid/Spanyol), Blaise Matuidi (Saint-Etienne), Yann Mvila (Rennes), Samir Nasri (Arsenal/Inggris), Charles Nzogbia (Wigan/Inggris), Moussa Sissoko (Toulouse)

Pemain depan: Hatem Ben Arfa (Marseille), Karim Benzema (Real Madrid/Spanyol), Jimmy Briand (Lyon), Guillaume Hoarau (Paris St Germain), Jeremy Menez (Roma/Italia), Loic Remy (Nice).

Sumber : www.republika.co.id

No comments:

Post a Comment