Saturday, August 21, 2010

Pelatih Ukraina Letakkan Jabatan

 Myron Markevich / Foto: Daylife

Myron Markevich memutuskan mundur sebagai arsitek Timnas Ukraina sebagai bentuk protes terhadap skandal pengaturan skor pertandingan di klubnya, Metalist Kharkiv.

Ya, Markevich memang memiliki peran ganda sebagai pelatih Ukraina dan Metalist, yang berada di divisi utama Liga Ukraina. Namun, baru-baru ini, Metalist terbukti bersalah atas tuduhan mengatur skor pertandingan kontra Karpaty Lviv, 2008 silam.

Kala itu, Metalist meraup kemenangan 4-0. Tapi, baik Metalist maupun Karpaty dinyatakan bersalah oleh Federasi Sepakbola Ukraina (FFU) karena telah mengatur hasil laga tersebut. Alhasil, keduanya diganjar sanksi pengurangan poin (9) serta denda mencapai 25 ribu dolar, demikian disitat Yahoo Sports, Sabtu (21/8/2010).

Metalist kini hanya mengantongi satu poin, sementara Karpaty Lviv memiliki nilai minus satu, usai melewati enam pertandingan.

Sebagai bentuk protes kepada FFU, Markevich akhirnya memutuskan untuk mundur. "Saya harus menginformasikan para pecinta sepakbola Ukraina bahwa saya telah meletakkan jabatan sebagai pelatih timnas," jelasnya.

"Para petinggi FFU telah mencemarkan kredibilitas mereka dengan menjatuhkan sanksi kepada Metalist. Saya tidak berniat melanjutkan tugas di organisasi yang berniat menghancurkan sepakbola di Kharkiv."

Meski begitu, Markevich berkeras, akan tetap setia kepada klub yang telah ditanganinya sejak 2005 silam. "Saya masih merupakan pelatih Metalist. Saya tidak bisa mengkhianati klub ini," cetusnya.

Sumber : okezone.com

No comments:

Post a Comment