Friday, August 6, 2010

Sacchi: Italia Kandang Orang Tua

Koordinator baru tim junior Italia, Arrigo Sacchi, membuat pernyataan pedas. Menurutnya, Italia adalah tim yang menjadi kandang orang tua.
Mantan pelatih timnas Italia ini menjadi salah satu wajah baru yang dikontrak federasi sepak bola Italia (FIGC) untuk memperbaiki "Gli Azzurri". Tugasnya menangani pemain junior Italia. Selain dia ada Roberto Baggio dan Gianni Rivera.

"Saya akan bekerja untuk membantu sepak bola Italia kembali mendapatkan peran utama di dunia, karena di sini tak pernah benar-benar percaya kepada pemain muda. Italia adalah negara buat orang-orang tua," kritik Sacchi, merujuk film pemenang Oscar, No Country for Old Men.

"Sepak bola kami harus mengubah budayanya. Kami harus mulai berinvestasi di sektor akademi sepak bola junior. Jika kami berawal dari sana, maka hasilnya akan datang," tegasnya.

Sacchi melanjutkan, "Kami semua harus bekerja keras untuk mengubah olahraga kami yang terlalu terfokus kepada hasil dan kemenangan. Kami harus berusaha mengurangi kekerasan yang akhir-akhir ini sering terjadi."

Salah satu bakat muda yang dikesampingkan Italia pada Piala Dunia 2010 lalu adalah striker Inter Milan, Mario Balotelli. Dia kini sedang didekati Manchester City. Pelatih Italia lama, Marcello Lippi, menilainya belum cukup siap tampil di pentas dunia. Sekarang, Sacchi berharap pelatih baru, Caesare Prandelli, mulai mempercayainya.

"Tapi, itu tergantung kepada Prandelli. Jika dia menilai Balotelli sudah cukup mampu membela timnas Italia, maka dia akan dipanggil. Jika tidak, maka dia akan tetap bersama timnas U-21," ujarnya.

No comments:

Post a Comment