Thursday, July 5, 2012

Rapor Pemain Borussia Dortmund Di Euro 2012


 Mats Hummels (Photo : GettyImages)

GOAL.com Indonesia memilih tiga pemain Borussia Dortmund yang dinilai tampil paling kontributif sepanjang Euro 2012.
Borussia Dortmund termasuk salah satu tim yang paling banyak mengirimkan prajuritnya di ajang Euro 2012 kemarin.

Terhitung ada sembilan kontingen jawara Bundesliga Jerman ini berlaga di perhelatan paling bergengsi antarnegara Eropa tersebut. Lima di antaranya mengisi skuat Jerman, yakni Ilkay Gundogan, Mats Hummels, Marco Reus, Marcel Schmelzer dan Mario Gotze. Lalu Robert Lewandowski, Jakub Blaszczykowski dan Lukasz Piszczek menjadi tulang punggung Polandia, dan satu nama sisa berasal dari Kroasia, yaitu Ivan Perisic.

Masing-masing pemain berkesempatan menunjukkan kebolehan dan atribut mereka di turnamen terakbar Benua Biru, meski pada akhirnya cuma sedikit di antara mereka yang berhasil membuat impresi positif di mata publik.

Hummels menjadi pemain yang paling banyak mendapat kesempatan bermain dibanding pilar Dortmund lainnya di Euro. Dirinya juga menjadi figur sentral di jantung pertahanan Jerman dan menjadi salah satu aktor utama di balik keberhasilan timnya menapak hingga fase semi-final sebelum dua gol Mario Balotelli gagal diredamnya dan tim Panser pun harus menyerah 2-1 dari Italia.

Reus juga terbilang bersinar. Walaupun menit bermainnya tak seberapa, namun sekali diberi kesempatan oleh pelatih Joachim Low, pemain teranyar Dortmund ini langsung sanggup memberi impak signifikan. Reus bak membuka mata dunia, seolah menegaskan potensi dan bakat besar yang dimilikinya.

Pun demikian bagi Lewandowski yang namanya tak kalah mentereng selama Euro. Setelah dirinya menjadi buah bibir di sejumlah berita isu transfer musim panas, pamor sang striker pun semakin meroket di ajang empat tahunan ini seiring dengan dirinya yang mampu tampil cukup impresif bersama Polandia. Membuat gol perdana di Euro, Lewandowski sekejap menjelma menjadi pemain yang digadang-gadang bakal berkibar di turnamen tersebut sebelum akhirnya sang tuan rumah harus tersingkir di babak grup.


MATS HUMMELS | JERMAN


STATISTIK MATS HUMMELS DI EURO 2012
JUMLAH PENAMPILAN:
JUMLAH MENIT BERMAIN:
GOL:
ASSIST:
5
450
0
0
 RATA-RATA RAPOR PEMAIN
3.00 Terbilang tampil paling konsisten di antara rekan-rekannya yang lain sepanjang turnamen. Memimpin lini belakang Jerman dengan kokoh. Kehadirannya pula yang membuat pertahanan tim Panser bak karang. Namun redup saat menghadapi Italia.
Dortmund beruntung bisa memiliki talenta berbakat seperti Hummels. Diberkahi postur yang jangkung, Hummels menjadi pemain yang kokoh dalam berduel di udara, terutama dalam mengintersep bola-bola umpan panjang. Dia juga memiliki kemampuan tackling yang sangat baik, dan gesit mengejar lawan dari belakang. Tak heran bila kemudian Dortmund ngotot ogah kehilangan servis sang bek di musim panas ini, dan klub pun akhirnya berhasil mengikatnya sampai 2017 mendatang.

Lantas bagaimana penampilannya di Euro? Kepercayaan Dortmund yang telah memberinya ekstensi kontrak dijawab dengan tegas oleh Hummels dengan mampu tampil bak karang bersama Die Mannschaft. Catatan 450 menit bermain Hummels menjadi bukti sahih jika dirinya benar-benar sosok integral di wilayah sensitif Jerman. Pemain berusia 23 tahun ini sama sekali tak tergantikan, selalu tampil penuh 90 menit di semua laga, sang bek pun beberapa kali membuat penonton berdecak kagum.

Di penyisihan melawan Portugal dan Denmark misalnya. Hummels sungguh menjadi perusak kreasi striker-striker lawan. Bahkan keberadaannya membuat striker macam Cristiano Ronaldo dan Nicklas Bendtner menjadi mandul. Hummels tak hanya pandai dalam bertahan, sesekali dia juga turut membantu serangan, terutama dari posisi set-pieces. Saat menghadapi Belanda, Hummels sempat memiliki dua kali kans emas untuk mencetak gol.

Hummels terus menunjukkan penampilan konsisten di pertandingan selanjutnya. Dia menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari keberhasilan Jerman melaju ke semi-final dengan menyingkirkan Yunani 4-2. Hummels mampu menjaga pertahanan Jerman dengan cukup meyakinkan pada laga itu sebelum Italia membuat dirinya seketika kehilangan magisnya. Di laga empat besar itu, Hummels bahkan dinilai sebagai pemain yang tampil paling buruk. Antonio Cassano kerap melewatinya dengan mudah yang lantas meringankan usaha Balotelli membobol gawang Jerman.

Meskipun demikian, tidak bijak rasanya jika menilai Hummels hanya di pertandingan itu saja. Secara keseluruhan, pemain yang digadang-gadang "The Next Franz Beckenbauer" ini telah tampil cukup heroik dan tidak berlebihan bila menempatkan namanya di deretan tim terbaik Euro 2012.


MARCO REUS | JERMAN


STATISTIK MARCO REUS DI EURO 2012
JUMLAH PENAMPILAN:
JUMLAH MENIT BERMAIN:
GOL:
ASSIST:
2
124
1
0
 RATA-RATA RAPOR PEMAIN
3.00 Tak banyak kesempatan bermain didapatkan Reus, namun sekalinya dipercaya oleh pelatih Joachim Low, dia langsung membayarnya dengan tampil gemilang dan mencetak gol. Dalam dua kali penampilannya, dia selalu bisa membuat perbedaan.
Euro 2012 boleh jadi adalah momen yang tak akan pernah dilupakan Reus karena dia berhasil memperlihatkan kualitas terbaiknya. Spesialnya, Reus mampu tampil brilian hanya dalam waktu bermain yang sangat minim.

Selama penyisihan, Reus sama sekali tak pernah diturunkan alias hanya duduk manis menghangatkan bangku cadangan. Perannya lebih sering tertutupi oleh penggawa-penggawa yang punya segudang pengalaman, sampai akhirnya momentum pun datang buatnya

Joachim Low secara mengejutkan sedikit mengubah komposisi starting XI Jerman di perempat-final kontra Yunani. Reus pun dimainkan sejak menit pertama. Seakan tak ingin menyia-nyiakan kesempatan dan berharap bisa mencuri perhatian sang pelatih dalam penampilan perdananya, Reus pun membayar lunas kepercayaan Low dengan menampilkan performa luar biasa. Reus ikut menamakan dirinya di papan skor dalam kemenangan 4-2 sekaligus juga torehan itu adalah gol debutnya di Euro 2012. Tak semata gol, di laga itu Reus beberapa kali membuat pertahanan Yunani ketar-ketir, dan mengkreasi sejumlah kesempatan ketika membangun serangan.

Menghadapi Italia di semi-final, Reus malah kembali ditempatkan di bangku cadangan. Alih-alih menurunkan pemain yang lebih mapan, Jerman justru kelimpungan saat mencoba membongkar pertahanan Italia. Alhasil, di paruh pertama Jerman sudah harus tertinggal 2-0 sebelum di interval kedua Reus pun dimasukkan. Low sepertinya salah perhitungan, sebab Reus yang masuk menggantikan peran Lukas Podolski langsung memberi energi positif bagi Die Mannschaft dan sempat mendapatkan beberapa peluang berbahaya. Sayangnya, Jerman tetap tersingkir dengan skor 2-1.

Namun Dortmund setidaknya pantas bersyukur sukses mengamankan jasa Reus pada bursa transfer musim dingin lalu. Sebab, sang penyerang telah mendemonstrasikan kelasnya secara mengejutkan dalam debutnya di Euro.



ROBERT LEWANDOWSKI | POLANDIA


STATISTIK ROBERT LEWANDOWSKI DI EURO 2012
JUMLAH PENAMPILAN:
JUMLAH MENIT BERMAIN:
GOL:
ASSIST:
3
270
1
0
 RATA-RATA RAPOR PEMAIN
2.50 Tampil menggebrak di laga pembuka Euro 2012 kontra Yunani hingga menempatkannya sebagai man of the match. Namun di laga berikutnya tidak bisa berbuat banyak karena kurang mendapat dukungan yang cukup dari koleganya.
Sebelum Euro bergulir, memang banyak kalangan memperkirakan pemain yang satu ini bakal berbicara banyak. Prediksi itu pun tidak meleset. Laga perdana Euro edisi 2012 pun ditandai Lewandowski dengan sebuah gol tandukan manis. Sumbangan itu pun menjadi gol pembuka dia di perhelatan elite Eropa tersebut, sekaligus juga menjadikannya sebagai man of the match.

Pascapertandingan itu, klub-klub besar pun langsung mengarahkan teropongnya untuk menyasar sang pemain. Sebut saja Manchester United, Bayer Munich dan Juventus, yang seketika kepincut ingin mengamankan jasa Lewandowski setelah Euro berakhir. Namun, sang striker tetap menunjukkan sikap profesionalnya dengan mengabaikan rumor yang mengait-ngaitkannya dengan kemungkinan hengkang dari Dortmund. Lewandowski lebih memilih untuk fokus membela panji Polandia dan mengesampingkan isu tentang dirinya.

Kendati tampil impresif di pertandingan pertama, Lewandowski, yang selalu mendapat kesempatan tampil penuh 90 menit selama penyisihan, kemudian cenderung lebih banyak mengalami kesulitan di dua laga berikutnya. Lewandowski mungkin bisa tampil lebih maksimal dalam memanfaatkan setiap peluang yang didapatkannya. Sayang, kurangnya support dari lini kedua serta suplai-suplai bola yang tidak terlalu mumpuni dari rekan-rekannya membuat dirinya tidak bisa berkembang di laga sisa hingga akhirnya Polandia gagal dibawanya lolos ke perempat-final.

Namun kenyataan ini tidak membuat klub peminat berubah haluan. Setidaknya, belakangan selalu saja keluar pernyataan tegas dari pihak Dortmund jika mereka ogah menguangkan aset berharganya tersebut.

Sumber : Goal.com

No comments:

Post a Comment