Friday, July 6, 2012

TVRI Siarkan Serie-A, Indosiar Tayangkan Bundesliga

 Juventus, juara Liga Italia Serie-A musim 2011-12.(Photo : legaseriea.it)

Indosiar tak akan lagi menjadi pemegang hak siar Liga Serie-A musim depan. Lisensi hak siar liga tertinggi di Italia itu untuk musim 2012-13 dipegang oleh stasiun televisi milik pemerintah, TVRI. Hal ini disampaikan Kepala Humas TVRI, Agung Prawoto, kepada Kompas.com.
"Jadi mulai Agustus, kita menayangkan Liga Italia. Kesepakatannya sudah ditandatangani bulan lalu," ungkapnya, Jumat (6/7/2012).

Gebrakan yang dilakukan oleh stasiun televisi yang menjadi saluran resmi siaran Olimpiade London 2012 ini mengejutkan meski juga sempat memegang hak siar Ligue 1, liga tertinggi di Perancis pada tahun 2010. Agung menegaskan bahwa TVRI percaya diri untuk menyiarkan salah satu liga yang menjadi kegemaran publik Indonesia ini ke seluruh nusantara. Apalagi sudah didukung oleh kualitas visual dengan sistem UHF dan audio yang memadai.

"Ini sudah kita rencanakan sebelumnya dan kita lakukan perubahan tayangan untuk menyajikan tontonan yang mengikuti selera publik," tambahnya.

Sementara itu, seperti dilansir Tribunnews, Indosiar beralih menayangkan laga-laga liga tertinggi di Jerman, Bundesliga. Terakhir kali, Bundesliga 1 tayang di televisi nasional sekitar tahun 2003 dan 2004 hingga kemudian berhenti dengan alasan yang tak jelas.

Produser Nondrama Indosiar, Frisca Artinus, mengatakan, rencana untuk menayangkan Bundesliga sudah ada sebelum ajang Piala Eropa 2012 bergulir. Kini, Indosiar mencoba menandatangani kontrak hak siar Bundesliga 1 untuk satu musim terlebih dulu.

"Beberapa minggu sebelum Euro bergulir, kami memang berniat menyiarkan Bundesliga 1. Kompetisi terelite di Jerman itu yang paling available secara harga. Perangkat teknis satelit dan kiriman visual juga paling modern di Eropa. Selain itu jumlah penonton di stadion paling penuh. Itu bagus untuk visual,” ungkap Frisca, Rabu (4/7/2012).

Indosiar menentapkan format siaran dengan opsi menayangkan laga tim-tim besar pada setiap akhir pekan, yaitu dua partai siaran langsung setiap akhir pekan. Untuk laga perdana, Indosiar menayangkan secara langsung pertandingan perebutan Piala Super Jerman antara Borussia Dortmund versus Bayern Muenchen.

Sumber : Kompas.com

No comments:

Post a Comment