Monday, May 31, 2010

Kapten Afsel di Ambang Sejarah

Saat Aaron Mokoena memasuki lapangan pada laga persahabatan antara Afrika Selatan (Afsel) melawan Guatemala, Senin (31/5/2010), sejarah baru akan tercipta. Kapten Bafana Bafana secara resmi mencatatkan namanya sebagai pemain pertama yang meraih 100 caps bersama timnas.


Ya, gelandang 29 tahun bakal menorehkan penampilan ke-100 bersama timnas setelah melakoni debutnya, 11 tahun silam. Dia menjadi pemain dengan caps terbanyak di skuad Carlos Alberto Parreira, mengungguli Benni McCarthy (79) dan Siyabonga Nomvete (77).

"Saya sangat tersanjung dan merasa terhormat menjadi pemain pertama yang mencapai 100 caps (bersama Timnas Afsel). Ini sangat berarti bagi saya. Saya tidak bisa mencurahkan perasaan saya dengan kata-kata," ungkap Mokoena seperti disitat Reuters, Minggu (30/5/2010).

Meski dibayangi beban, Mokoena berkeras untuk menikmati pencapaian yang telah dia raih. "Bermain untuk Bafana Bafana dan mengenakan kostum timnas sudah menjadi beban. Ingat, kami mewakili ribuan pemain yang tidak berhasil masuk dalam skuad sekaligus jutaan penduduk Afsel yang mendukung tim ini. Tapi, pada saat yang sama, ini adalah tekanan yang menyenangkan," tukasnya.

Bagi pemain berjuluk 'Mbazo' alias Kapak, Piala Dunia 2010 merupakan kali kedua keterlibatannya dalam turnamen paling bergengsi sepakbola. Punggawa Portsmouth berharap, pengalaman yang dia miliki bersama sejumlah pemain senior lainnya mampu memberikan dampak positif bagi skuad tuan rumah.

"Setelah mengikuti Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang, saya bisa mengatakan bahwa saya telah mendulang banyak pengalaman, karena sebagai pemain Anda belajar setiap hari. Jadi, pengalaman saya bisa bermanfaat. Tapi, ini bukan hanya tentang saya, turnamen ini melibatkan tim karena kami memiliki beberapa pemain senior yang pernah memenangkan gelar juara di berbagai klub. Pengalaman mereka juga akan sangat berharga bagi tim," tutup Mokoena.

Punggawa Bafana Bafana dengan catatan 50 caps atau lebih:

99 - Aaron Mokoena
79 - Benni McCarthy
77 - Siyabonga Nomvete
74 - Shaun Bartlett
73 - John Moshoeu
72 - Delron Buckley
70 - Lucas Radebe
67 - Andre Arendse
67 - Sibusiso Zuma
66 - Helman Mkhalele
62 - Mark Fish
58 - Phil Masinga
56 – MacBeth Sibaya
52 - Neil Tovey
50 - Doctor Khumalo

Sumber : okezone.com

No comments:

Post a Comment