Tuesday, June 29, 2010

Robben-Sneijder Loloskan Belanda

Piala Dunia 2010
Hasil Tanggal 28 Juni 2010

Perdelapanfinal
Belanda 2 - 1 Slovakia
Arjen Robben 18', Wesley Sneijder 84' --- Robert Vittek 93'

Belanda meraih satu tiket ke perempat-final Piala Dunia 2010 setelah menundukkan Slowakia dengan skor tipis 2-1 di Moses Mabhida Stadium, Durban, Senin (28/6) malam WIB.

Adalah gol dari Arjen Robben di pertengahan babak pertama dan sumbangan Wesley Sneijder di akhir babak kedua yang memastikan kemenangan Belanda di laga ini.

Dengan hasil ini, Belanda tinggal menunggu lawan yang harus dihadapi di babak perempat-final, antara Brasil dan Cili, yang baru akan melangsungkan laga mereka dinihari nanti di Ellis Park Stadium, Johannesburg.

Jalannya Pertandingan

Slowakia memulai laga dengan bagus, tapi Belanda bisa unggul lebih dulu ketika pertandingan memasuki menit ke-18 lewat gol Arjen Robben.

Memaksimalkan serangan balik cepat yang digagas Wesley Sneijder, Robben yang mendapat bola kiriman dari lini belakang langsung merangsek masuk ke jantung pertahanan Slowakia, mengecoh tiga pemain sebelum melepas tendangan keras kaki kiri menyusur tanah ke tiang dekat gawang Slowakia yang gagal dihalau Jan Mucha.

Di menit 40, kiper Slowakia itu berhasil mengamankan gawangnya lewat aksi Robin Van Persie dan tendangan kaki kanannya.

Di babak kedua, Belanda tampil lebih menekan. Hasilnya di menit 50, Robben nyaris menjebol gawang Slowakia jika saja tendangan kaki kirinya tidak ditepis Mucha. Kiper Slowakia itu juga melakukan penyelamatan gemilang satu menit kemudian dengan memblok tendangan Mark Van Bommel dengan kepalanya.

Memasuki menit ke-63, Maarten Stekelnburg membuat dua penyelamatan penting. Yang pertama dengan mentip tendangan keras Miroslav Stoch, dan kemudian memblok sepakan keras Robert Vittek dari jarak dekat.

Di menit 72, giliran Mucha yang melakukan penyelamatan dengan menepis bola tendangan keras Dirk Kuyt dari luar kotak penalti. Namun di menit 84, Mucha harus menerima fakta gawangnya kecolongan untuk kali kedua setelah bola sodoran Dirk Kuyt berhasil dituntaskan dengan baik oleh Sneijder.

Belanda sempat beberapa kali mengancam gawang Slowakia di sisa waktu yang ada, namun gagal memperbesar keunggulan. Sementara Slowakia mendapat hadiah tendangan penalti setelah Stekelenburg menjegal Jakubko di kotak terlarang. Vittek berhasil memperkecil kedudukan menjadi 2-1, di mana skor tersebut menjadi hasil akhir pertandingan.

Susunan pemain:
Belanda: Stekelenburg, Van Bronckhorst, Mathijsen, Heitinga, Van der Wiel, De Jongm Van Bommel, Kuyt, Sniejder (Affelay 90), Robben (Elia 70), Van Persie (Huntelaar 80)

Slowakia: Mucha, Pekarik, Skrtel, Durica, Zabavnik (Jakubko 86), Kucka, Stoch, Weiss, Hamsik (Sapara 86), Jendrisek (Kopunek 71), Vittek

No comments:

Post a Comment