Friday, June 25, 2010

Satu Kuda Hitam di Semifinal

Anda boleh menyebut Argentina, Brasil, Inggris, atau Belanda bakal tampil di babak semifinal Piala Dunia. Tapi yang pasti, satu tiket sudah digenggam salah satu dari empat kuda hitam berikut ini.

Empat tim kuda hitam yang dimaksud adalah Korea Selatan, Uruguay, Amerika Serikat dan Ghana. Melihat dari pot fase knock-out, sudah bisa dipastikan salah satu dari keempatnya bakal mendapatkan tempat di semifinal. Jalan ceritanya sebagai berikut.

Uruguay, yang tampil sebagai juara Grup A, bakal berhadapan dengan runner-up Grup B, Korsel. Siapa pun yang memenangi laga ini bakal melaju ke perempatfinal, menghadapi pemenang laga antara juara Grup C vs runner-up Grup D.

Juara Grup C adalah AS, sementara runner-up Grup D adalah Ghana. Pemenang dari laga ini juga berhak melaju ke babak perempatfinal. Nah, dengan demikian, sudah pasti satu tempat di semifinal bakal menjadi milik Uruguay/Korsel/AS/Ghana.

Di antara keempatnya, Korsel-lah yang paling anyar yang pernah merasakan semifinal. Taeguk Warrior melaju sampai babak semifinal pada Piala Dunia 2002. Namun, mereka takluk 0-1 di tangan Jerman dan akhirnya harus puas menduduki tempat keempat--setelah takluk 2-3 di tangan Turki pada perebutan tempat ketiga.

Munculnya tim kuda hitam di babak semifinal juga tak lepas dari melempemnya beberapa unggulan di fase grup. Sebab, siapa sangka Prancis, yang finalis Piala Dunia 2006, malah gagal lolos dari Grup A dan disalip oleh Uruguay serta Meksiko.

Atau, siapa sangka Inggris malah tampil medioker di Grup C. Imbasnya, mereka pun disalip oleh AS dan harus puas hanya menjadi runner-up grup.

Sumber : detiksport

No comments:

Post a Comment