Friday, August 27, 2010

AZ & Lisbon Lolos Dari Lubang Jarum

Liga Europa

Aktobe 2-1 AZ Alkmaar (Agregat 2-3)
AZ Alkmaar nyaris tersingkir dari Liga Eruopa setelah menelan kekalahan 2-1 dari Aktobe. Beruntung AZ sudah mencata kemenangan 2-0 di kandang sendiri pada leg pertama. AZ sempat optimis setelah Pontus Wernbloom membawa klub Eredivisie itu unggul lebih dulu pada menit kesepuluh.

Namun Aktobe memberikan perlawanan. Sepanjang babak kedua, AZ mendapat tekanan hebat dari Aktobe. Namun, upaya klub Kazakhstan itu hanya membuahkan dua gol Murat Tleshek pada menit ke-67 dan 88.

Dinamo Minsk 2-3 Club Brugge (Agregat 3-5)
Club Brugge langsung menerapkan permainan ofensif di babak pertama untuk mempertahankan keunggulan 2-1 di leg pertama. Hasilnya, Carl Hoefkens membawa tim tamu unggul lebih dulu melalui tendangan penalti pada menit kelima. Dua gol dari Wilfred Dalmat di menit ke-26 dan tendangan penalti Hoefkens [32] membuat Club Brugge unggul 3-0.

Tuan rumah baru bisa memberikan perlawanan di babak kedua. Andrei Chukhlei membyat Dinamo memperkecil ketertinggalan ketika babak kedua baru berjalan dua menit. Gol Stanislav Dragun pada masa injury time hanya bisa memperkecil kekalahan.

Dnepr Mogilev 1-2 Villarreal (Agregat 1-7)
Kendati sudah menjejakkan satu kaki di fase grup berkat kemenangan 5-0 di leg pertama, Villarreal tetap tidak memberi ampun kepada Dnepr Mogilev, sehingga mengalahkan klub Belarusia itu 2-1.

Vladimir Yurchenko membawa tuan rumah unggul lebih dulu pada menit ke-19. Namun Nilmar menyamakan kedudukan menjelang babak pertama berakhir. Marko Ruben memastikan Villarreal menang 2-1 saat injury time. Di laga ini, gelandang Villarreal Cristobal diusir keluar lapangan usai menerima dua kartu kuning.

FK Karabakh 0-1 Dortmund (Agregat 0-5)
Borussia Dortmund masih terlalu tangguh bagi FK Karabakh. Sekalipun bermain di kandang lawan, Dortmund tetap tak memberikan kesempatan kepada Karabakh untuk mencicipi kemenangan, sehingga takluk 1-0.

Bahkan, Karabakh dipaksa bermain bertahan oleh Dortmund. Klub Azerbaijan ini sama sekali tidak memiliki kesempatan menyerang. Tapi permainan bertahan itu membuat Dortmund kesulitan mencetak gol. Gol Lucas Barrios di masa injury time mengantarkan Dortmund meraih kemenangan.

HJK Helsinki 0-4 Besiktas (Agregat 0-6)
Mantan pemain Barcelona dan Real Madrid, Ricardo Quaresma dan Guti menjadikan Besiktas terlalu superior bagi HJK Helsinki. Tim tuan rumah dibuat tidak berkutik menghadapi gempuran klub asal Turki tersebut.

Quaresma mengawali kemenangan Besiktas pada menit ke-15. Guti memperbesar keunggulan sekaligus mencetak gol pertamanya bagi klub barunya itu pada menit ke-67. Gelandang muda Necip Uysal menambah pundi-pundi gol Besiktas di menit ke-77, sebelum akhirnya Filip Holosko menggenapkan keunggulan pada masa injury time.

APOEL 1-1 Getafe (Agregat 1-2)
Walau bermain imbang 1-1 di kandang lawan, wakil La Liga Spanyol, Getafe, harus bekerja keras untuk merebut tiket ke fase grup. Kemenangan 1-0 di leg pertama belum membuat Getafe bebas dari Ancaman APOEL Nicosia. Tuan rumah nyaris unggul pada menit ke-23, namun tendangan penalti Constantinos Charalambides gagal merobek jala lawan.

Kendati demikian, publik tuan rumah akhirnya bersorak kegirangan ketika Jose Almeida berhasil mencetak gol di menit ke-41. Pertandingan pun harus diselesaikan melalui perpanjangan waktu. Di momen ini, Getafe akhirnya unggul pada menit ke-99 melalui Cata Diaz. Sebaliknya APOEL harus kehilangan pemain setelah Joost Broerse diusir keluar lapangan tiga menit sebelum laga berakhir.

Brondby 0-3 Sporting Lisbon (Agregat 2-3)
Klub Portugal Sporting Lisbon lolos dari lubang jarum setelah mencatat kemenangan 3-0 atas Brondby IF. Padahal, Lisbon datang ke Stadion Brondby dengan modal kekalahan 2-0 di leg pertama.

Evaldo membuka harapan Lisbon ketika mencetak gol menjelang babak pertama berakhir. Nuno Coelho pun menyamakan kedudukan agregat pada menit ke-75. Yannick Djalo akhirnya menjadi pahlawan Lisbon setelah mencetak gol kemenangan pada masa injury time.

PSV Eindhoven 5-0 Sibir Novosibirsk (Agregat 5-1)
Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, PSV Eindhoven memperagakan permainan ofensif untuk mengejar defisit satu gol dari leg pertama. Kendati demikian, PSV baru bisa menjebol gawang lawan pada menit ke-38 melalui striker pinjaman Marcus Berg.

Di babak kedua, PSV mengamuk. Empat gol berhasil disarangkan untuk memastikan mereka lolos ke fase grup. Orlando Engelaar memperbesar keunggulan di menit ke-58, diikuti Ola Toivonen [63]. Balazs Dzsudzsak mencetak dua gol tambahan, satu diantaranya melalui penalti pada menit ke-74 dan injury time.

AEK Athena 1-1 Dundee United (Agregat 2-1)
Kendati hanya bermain imbang 1-1 melawan klub Skotlandia Dundee United, AEK Athena tetap lolos ke fase grup berkat kemenangan 1-0 pada leg pertama. Walaupun begitu, AEK tetap harus bekerja keras, karena mendapat perlawanan sengit dari Dundee.

Publik tuan rumah bersorak kegirangan saat Papa Bouba Diop menjebol gawang Dundee pada menit ke-23 setelah menerima umpan dari sepak pojok Sean Dillon. Upaya Dundee United untuk mengejar defisit satu gol menemui kegagalan, karena hanya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-78 melalui John Daly.

Hasil Lainnya:
Lokomotiv 1-1 Lausanne Sports (Agregat 2-2, Lausanne Lolos Adu Penalti)
Maritimo 1-2 BATE Borisov (Agregat 1-5)
Austria Vienna 1-1 Aris Saloniki (Agregat 1-2)
Metalist Kharkiv 2-2 Omonia Nicosia (Agregat 3-2)
Grasshoppers 1-0 Steaua Bucuresti (Agregat 1-1, Steau Lolos Adu Penalti)
Levski Sofia 2-1 AIK Stockholm (Agregat 2-1)
Litex Lovech 1-2 Debrecen (Agregat 1-4)
Unirea Urziceni 1-1 Hajduk Split (Agregat 2-5) 

Sumber : goal.com

No comments:

Post a Comment