Sunday, August 1, 2010

Jerman Juara Piala Dunia Wanita U-20



Alexandra Popp (tengah) merayakan golnya (Photo : afp)

Piala Dunia 2010 Wanita U-20 di Jerman telah mencapai puncaknya pada hari Minggu (1/8), setelah tim tuan rumah berhasil mengatasi perlawanan tim Nigeria dengan kemenangan 2-0 yang membuat mereka berhasil meraih trofi itu untuk kedua kalinya.

Juara di Thailand pada tahun 2004, Jerman tidak melakukan kesalahan di kandang mereka sendiri dengan memenangkan semua enam pertandingan mereka. Mereka mencetak 20 gol dan hanya kemasukan 5 gol. Setengah dari gol mereka berasal dari Alexandra Popp yang begitu produktif.

Dan memang striker klub Duisburg itu yang menjadi penentu tim asuhan Maren Meinert untuk selalu berada di jalur menuju kemenangan. Dan itu berlaku pula saat lawan Nigeria, yang berharap bisa memenangkan gelar untuk pertama kalinya setelah selalu tersingkir di perempat final dalam tiga penampilan mereka sebelumnya. Meski keberanian mereka belum cukup membuat mereka juara, Nigeria bisa bangga karena menjadi tim pertama dari Afrika yang bisa lolos ke final dari semua kompetisi Piala Dunia Wanita dan Olimpiade.

Jerman punya kebiasaan mencetak gol di awal pertandingan di turnamen ini dan hal itu terjadi juga di babak final. Pada menit kedelapan bola ditendang jauh dari posisi bek kanan dan Popp bisa menangkapnya. Dzsenifer Marozsan, yang berdiri di belakangnya, menahan bola itu sebelum mengumpannya kembali ke penyerang wanita dengan bernomor 11.

Gerakan Popp berhasil melewati Joy Jegede dan dia langsung menendang ke pojok gawang dan tidak bisa ditangkap oleh kiper Alaba Jonathan. Setelah gol cepat itu pertandingan berlangsung seru dengan kedua tim saling bergantian menyerang.

Tapi pertandingan benar-benar berakhir saat di perpanjangan waktu babak kedua, tim tuan rumah memaksakan terjadinya dua tendangan sudut. Dari tendangan sudut kedua inilah Kulig dengan kuat menyundul bola ke arah gawang. Bola sempat memantul keluar tapi sayangnya bola ini terkena punggung Osinachi Ohale dan akhirnya meluncur masuk melintasi garis gawang.

Di hari sebelumnya, Republik Korea mengklaim tempat ketiga setelah mengalahkan Kolombia. Satu-satunya gol dalam pertandingan ini berasal dari pemenang Adidas Silver Ball dan Silver Shoe, Ji So Yun. Sementara Korea Selatan bisa puas naik ke podium di penampilan kedua mereka di Piala Dunia Wanita U-20, Las Cafeteras juga puas bisa sampai ke semifinal di penampilan perdana mereka. (fifa/cax)

Sumber : bola.net

No comments:

Post a Comment