Friday, August 6, 2010

Kirdi Desak Percepatan Jual-Beli Liverpool

Martin Broughton (AFP/TORU YAMANAKA)

Pengusaha asal Siria, Yahya Kirdi, mendesak manajemen Liverpool menyelesaikan negosiasi jual-beli klub itu dengannya, sebelum Premier League 2010-2011 bergulir, akhir pekan depan.  Demikian dikatakan konsultan Kirdi, Dan Diamond kepada Daily Telegraph.

"Target kami adalah mendapatkan investor pada laga pertama Premier League musim ini," kata Diamond seperti dikutip Telegraph.

"Salah satu partner kami telah bertemu dengan (Ketua Eksekutif Liverpool) Martin Broughton dan bila kami melanjutkan negosiasi ke tahap berikut, rencana kami adalah membawa serta Tuan Kurdi, investor-investornya, bersama dengan Tom Hicks, George Gillet, dan Martin Broughton, untuk mengeksekusi pembelian final dan Martin (Broughton) bisa menguji (penciuman bisnisnya) terhadap kesepakatan itu," tambahnya.

Liverpool berada dalam status krisis akibat beban utang dan kesulitan membayar cicilan kepada kreditor mereka, Royal Bank of Scotland (RBS). Ini berkatan dengan peminjaman uang senilai 237 juta poundsterling yang dilakukan Tom Hicks dan George Gillet ketika mengakuisisi Liverpool, tiga tahun lalu.

Menurut pemberitaan di Inggris, masalah pembayaran membuat denda dan bunga berkembang pesat, sehingga utang Liverpool kini mencapai 350 juta poundsterling. Hicks dan Gillet yang sempat ngotot mempertahankan posisi, akhirnya memutuskan menjual saham mereka dan memercayakan urusan jual beli kepada Martin Broughton.

Masalah utang dan minimnya prestasi tak menyurutkan daya tarik ekonomi Liverpool. Itu terlihat dengan banyaknya tawaran yang masuk, dengan Kirdi dan seorang pengusaha asal China, Kenny Huang, sebagai kandidat yang dinilai media-media Inggris paling berpeluang membeli.

Persaingan keduanya pun tak terelakkan. Kirdi disebut siap membayar lebih tinggi dari tawaran Huang. Meski begitu, Huang diberitakan menduduki daftar teratas kandidat investor Liverpool, yang disusun Broughton.

Menurut media-media Inggris, meski Huang menawar lebih renda, ia memiliki kekuatan ekonomi besar yang menjamin stabilitas perekonomuan Liverpool dalam jangka panjang. Membeli pemain-pemain top seperti Lionel Messi dan membangun stadion baru disebut media-media Inggris masuk agenda Huang, bila berhasil membeli Liverpool. Inilah salah satu hal yang diyakini media-media Inggris mendorong Kirdi memaksakan percepatan transaksi.

Sumber : kompas.com

No comments:

Post a Comment