Sunday, August 22, 2010

Messi 'Hat-Trick', Barcelona Juara

Piala Super Spanyol 2010
Hasil Tanggal 22 Agustus 2010

Leg-2
Barcelona 4-0 Sevilla     Aggregat = 5-3

Penyerang Barcelona, Lionel Messi, mencetak hat-trick yang menentukan kemenangan 4-0 bagi timnya atas Sevilla pada leg kedua Piala Super Spanyol, Sabtu atau Minggu (22/8/2010) dini hari WIB. Mengingat kekalahan 1-3 pada leg pertama di Sevilla, Barcelona pun berhak atas gelar juara.

Meski tampak superior, Barcelona tak memperoleh kemenangan itu dengan mudah. Setidaknya, selama sepuluh menit pertama, mereka bertukar ancaman dengan Sevilla tanpa solusi.

Kebuntuan pun akhirnya pecah pada menit ke-13, ketika Abdoulay Konko salah mengantisipasi umpan silang Pedro sehingga bola masuk ke gawang sendiri.

Barcelona menjadikan momen tersebut untuk menambah tekanan. Setelah beberapa kali gagal, mereka berhasil menggandakan keunggulan melalui Lionel Messi pada menit ke-25. Setelah menguasai umpan terobosan Xavi, Messi menggiring bola masuk kotak penalti dan melepaskan tendangan akurat yang gagal dihalau Palop.

Kebobolan dua kali dalam waktu kurang dari 15 menit memaksa Sevilla menurunkan tempo dan menata kembali permainan mereka. Meski berhasil mengurangi daya serang lawan, Sevilla gagal menghindar dari gol ketiga Barcelona yang dicetak Lionel Messi pada menit ke-43.

Gol bermula dari pergerakan Dani Aves di sektor kiri pertahanan Sevilla. Ia kemudian melepas umpan terobosan ke kotak penalti, yang berhasil dijangkau Messi dan disepak masuk ke sudut kanan atas gawang Palop.

Dengan sisa waktu relatif sempit, Barcelona terus melancarkan serangan. Namun, angka 3-0 di papan skor tak kunjung berubah sampai peluit turun minum berbunyi.

Memasuki babak kedua, Barcelona melanjutkan usaha mereka menekan lawan. Hasilnya, meski tak sepenuhnya bebas ancaman. Mereka mampu menciptakan sejumlah peluang yang sayangnya tak berubah menjadi gol.

Pada menit ke-52, misalnya, Messi menggiring bola melewati adangan Konko dan Escude, sebelum akhirnya mengirim tembakan mendatar yang melenceng dari sasaran.

Sepuluh menit berselang, giliran Andres Iniesta yang membahayakan gawang Sevilla. Dalam kerja sama satu-dua dengan Messi, Iniesta melepaskan tembakan yang juga tak menggetarkan dinding jaring sebelah dalam gawang Sevilla.

Usaha David Villa pada menit ke-77 juga gagal membuahkan gol. Memanfaatkan umpan Messi, Villa melepaskan tembakan akurat yang sayangnya masih bisa ditangkal Palop.

Kebuntuan itu akhirnya diakhiri oleh Messi pada menit ke-89. Memanfaatkan umpan Andres Iniesta, Messi mengempaskan bola ke tengah gawang, yang kali ini gagak digagalkan Palop.

Dengan waktu yang tinggal sedikit, Barcelona menolak menurunkan intensitas permainan dan terus mencari gol. Namun, peluit berbunyi panjang dengan angka 4-0 tertera di papan skor. (*)

Susunan pemain:
Barcelona: Victor Valdes; Dani Alves, Gerard Pique, Eric Abidal, Maxwell; Sergi Busquets, Xavi Hernandez (Adriano 88), Seydou Keita; Lionel Messi, Bojan Krkic (Andres Iniesta 56), Pedro Rodriguez (David Villa 56).
Sevilla: Andres Palop; Mouhamadou Dabo, Abdoulay Konko, Julien Escude, Fernando Navarro; Romaric (Perotti 61), Didier Zokora, Jesus Navas, Diego Capel (Luis Fabiano 63); Alfaro (Luca Cigarini 62), Alvaro Negredo.

Sumber : kompas.com

No comments:

Post a Comment