Monday, February 27, 2012

Duo Gerrard Gagal Penalti, Liverpool Juara Piala Carling

Kapten Liverpool, Steven Gerrard, mengangkat Piala Carling, setelah Liverpool mengalahkan Cardiff 2-1, dalam final yang digelar di Stadion Wembley, Minggu (26/2/2012) malam Wib.(Photo : tribunnews.com)

Liverpool akhirnya merengkuh gelar Piala Carling yang ke-8, setelah mengalahkan Cardiff melalui adu tendangan penalti. Dalam final yang digelar di Stadion Wembley, Minggu (26/2/2012), Liverpool menang adu penalti dengan skor 3-2 (2-2).


Pertandingan antara Cardiff melawan Liverpool berlangsung menegangkan. Meski tidak diunggulkan, Cardiff justru berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol yang dicetak oleh Joe Mason di menit ke-19.

Menerima umpan dari rekannya, Mason lolos dari jebakan offside. Striker bernomor punggung 20 itu kemudian berhasil menaklukkan penjaga gawang Liverpool, Pepe Reina. Skor 1-0 itu bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, Liverpool berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, lewat gol yang dicetak oleh Martin Skrtel. Gol Skrtel di menit ke-60 itu berawal dari sepak pojok Stewart Downing. Bola berhasil disundul Andy Carroll, dan dilanjutkan oleh Luis Suarez. Namun sundulan Suarez masih membentur tiang gawang.

Beruntung Martin Skrtel yang tidak terkawal berhasil memanfaatkan bola liar. Tendangan kerasnya tidak mampu ditahan penjaga gawang Cardiff, sekaligus mengubah skor menjadi 1-1.

Gol penyama tersebut membangkitkan semangat pemain The Reds. Mereka terus melancarkan serangan. Namun dengan disiplin permainan yang tinggi, pemain Cardiff mampu mematahkan semua serangan Liverpool. Hingga berakhirnya waktu normal, skor tetap 1-1. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di masa perpanjangan waktu, Liverpool berbalik unggul melalui gol Dirk Kuyt di menit 108. Gol itu berawal dari umpan Glen Johnson dari tengah lapangan. Kuyt kemudian menggiring bola menuju kotak penalti Cardiff.

Sebelum memasuki kotak penalti, Kuyt melepaskan umpan untuk Luis Suarez, tapi berhasil dihalau pemain belakang Cardiff. Sayangnya bola kembali jatuh ke kaki Kuyt. Dengan sekali tendangan, Kuyt berhasil membobol gawang Cardiff dan mengubah skor menjadi 2-1.

Namun di menit 118, Ben Turner kembali mengubah skor menjadi 2-2. Skor itu bertahan hingga akhir perpanjangan waktu, sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak tos-tosan tersebut, Liverpool akhirnya menang 3-2. Dua penenandang pertama Liverpool, yakni Steven Gerrard dan Charlie Adam sempat gagal membobol gawang Cardiff.

Sayangnya tiga algojo Cardiff juga gagal membobol gawang Pepe Reina. Penendang terakhir Cardiff, Anthony Gerrard, yang merupakan sepupu Steven Gerrard, menjadi penentu kemenangan Liverpool. Tendangannya berhasil ditepis Pepe Reina, sehingga Liverpool menang 3-2.

Dengan kemenangan tersebut, Liverpool memastikan diri meraih gelar Piala Carling 2012. Ini adalah gelar Piala Carling ke-8 untuk The Reds. Sebelumnya mereka juga mampu meraih gelar tersebut pada tahun 1981, 1982, 1983, 1984, 1995, 2001, dan 2003.

Susunan pemain:

Liverpool: José Reina, Glen Johnson, José Enrique, Daniel Agger, Martin Skrtel, Steven Gerrard, Jordan Henderson, Stewart Downing, Charlie Adam, Luis Suárez, Andy Carroll

Cadangan: Dirk Kuyt, Maxi Rodríguez, Doni, Jay Spearing, Jamie Carragher, Craig Bellamy, Martin Kelly

Cardiff: Tom Heaton, Kevin McNaughton, Andrew Taylor, Mark Hudson, Ben Turner, Peter Whittingham, Don Cowie, Aron Gunnarsson, Kenny Miller, Rudy Gestede, Joe Mason

Cadangan: Craig Conway, Filip Kiss, Robert Earnshaw, Darcy Blake, David Marshall, Lee Naylor, Anthony Gerrard

Sumber : tribunnews.com

No comments:

Post a Comment