Thursday, February 2, 2012

Ghana dan Mali Lolos Penyisihan

Tim nasional Ghana dan Mali mengamankan posisi juara dan runner-up Grup D dan menjadi dua tim terakhir yang lolos ke babak perempat final Piala Afrika. Dalam pertandingan terakhir, Rabu (1/2), Ghana ditahan imbang Guinea dan Mali mengalahkan Botswana.


Bertanding melawan 10 pemain Guinea di Stade de Franceville, Gabon, Ghana yang bermaterikan para pemain Liga Inggris dan Spanyol hanya mampu bermain imbang 1-1. Guinea yang ingin lolos ke perempat final terus berusaha menyerang meskipun Ghana lebih mendominasi permainan.

Ghana unggul lebih dulu pada menit ke-28 saat Emmanuel Badu Agmeyang menjebol gawang Guinea yang dijaga kiper Naby Moussa Yatara. Agmeyang yang menerima umpan Andre Ayew langsung mengangkat bola ke atas Yatara, mengarah ke sudut, dan masuk ke gawang. Gol itu merupakan gol ke-100 Ghana di ajang Piala Afrika.

Sebelum babak pertama berakhir, sayap kiri Guinea, Abdoul Razzagui Camara, berhasil menjebol gawang Ghana dan membuat skor menjadi imbang 1-1.

Pada babak kedua, pemain Guinea mendapat kartu kuning kedua setelah menjatuhkan pemain Leceister City, John Pantsil. Unggul jumlah pemain tidak dapat dimanfaatkan Asamoah Gyan untuk menambah gol. Namun, hasil ini sudah cukup bagi Ghana untuk lolos ke perempat final dan bakal menghadapi Tunisia.

Mali lolos
Pada pertandingan di Stade d’Angondje, Mali untuk pertama kalinya memastikan diri lolos ke perempat final Piala Afrika. Pada pertandingan terakhir, Mali melibas Bostwana dengan skor 2-1.

Botswana yang pasti tersingkir tetap menyerang dan mencetak gol pertama pada menit ke-50 melalui Mogakolodi Ngele. Mali yang berusaha mengejar akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-56 melalui Garra Dembele. Pendukung Mali akhirnya bersorak saat Seydou Keita mencetak gol kedua pada menit ke-74. (AFP/ECA)

Sumber : Kompas

No comments:

Post a Comment