Friday, April 20, 2012

Sempat Tertinggal Sporting Bungkam Bilbao 2-1

AFP/FRANCISCO LEONG
Ekspresi gelandang Sporting Lisbon, Diego Capel setelah mencetak gol kemenangan timnya 2-1 timnya atas Athletic Bilbao di leg pertama semifinal Liga Europa, Kamis atau Jumat (20/4/2012) dini hari WIB.
Sempat tertinggal lebih dulu, Sporting Lisbon berbalik menang 2-1 atas Athletic Bilbao 2-1 di leg pertama babak semifinal Liga Europa, Kamis atau Jumat (20/4/2012) dini hari WIB. Dua gol tuan rumah dicetak oleh Emiliano Insua dan Diego Capel, sedangkan gol Bilbao ditorehkan Aurtenetxe.


Di menit-menit awal, permainan kedua tim berjalan lambat. Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Lisbon mendapat kesempatan lebih dulu saat pertandingan baru berjalan sembilan menit. Sayang, usaha dari penyerang Ricky van Wolfswinkel masih belum memberikan hasil karena masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Bilbao.

Empat menit berselang, giliran Bilbao yang mengancam melalui Fernando Llorente pada menit ke-13. Mendapatkan umpan dari tendangan pojok Markel Susaeta, Llorente kemudian menyundul bola tersebut ke arah gawang, yang mampu ditepis cukup baik oleh kiper Rui Patricio.

Sepanjang pertengahan babak pertama, kedua tim silih berganti melakukan serangan. Pada menit ke-40, Susaeta membangun serangan cukup baik dari sisi kiri. Akan tetapi, lagi-lagi kiper Patricio mampu mengantisipasi tendangannya yang sempat membentur kaki pemain bertahan Sporting.

Sporting membalas melalui serangan balik yang cepat satu menit menjelang akhir babak pertama. Namun, umpan matang Diego Capel gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Marcos karena ketika ingin menendang bola, keseimbangan dirinya hilang sehingga terjatuh. Bola pun akhirnya melenceng ke sisi kiri gawang Bilbao yang dikawal kiper Gorka Iraizoz.

Selepas turun minum, Aurtenetxe membuat pendukung tuan rumah terdiam setelah berhasil mencetak gol pada menit ke-54. Berawal dari tendangan bebas yang dilakukan Susaeta, bola yang mengarah ke tengah gawang kurang sempurna diantisipasi bek Sporting karena justru mengarah ke kaki Aurtenetxe. Tanpa ampun, ia kemudian melepaskan tendangan keras untuk menceploskan bola ke dalam gawang.

Sporting yang tidak ingin menanggung malu di kandang berusaha bangkit. Usaha mereka pun membuahkan hasil setelah Emiliano Insua mencetak gol pada menit ke-76. Berawal dari serangan balik, Capel melepaskan umpan silang ke tengah gawang, barisan pertahanan Bilbao tak menyangka Insua naik untuk membantu serangan. Ia kemudian melepaskan sundulan keras hingga bola menerobos ke dalam gawang Bilbao.

Gol itu membuat semangat pemain Sporting meningkat. Empat menit berselang, petaka bagi Bilbao datang setelah Capel berhasil menyarangkan bola sekaligus membawa Sporting berbalik unggul menjadi 2-1. Setelah melewati satu dia pemain, ia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang terarah ke pojok gawang Bilbao yang tidak mampu dijangkau kiper Iraizoz.

Ketinggalan, Bilbao tak tinggal diam. Pelatih Bielsa kemudian memasukkan beberapa pemain depan untuk menambah daya gedor pasukannya. Namun sayang, dari beberapa peluang yang tercipta, tak ada satu pun yang mampu dikonversikan menjadi gol bagi Bilbao. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 2-1 untuk keunggulan Sporting pun tidak berubah.

Susunan Pemain:
Sporting Lisbon: 1-Rui Patricio, 47-Joao Pereira, 4-Anderson Polga, 48-Emiliano Insua, 3-Daniel Carriço (18-Andre Carrillo 68), 93-Xandao, 8-Stijn Schaars, 11-Diego Capel (25-Bruno Pereirinha 84), 10-Marat Izmailov, 28-André Renato Soares Martins (33-Diego Rubio 76), 9-Ricky van Wolfswinkel.

Athletic Bilbao: 1-Gorka Iraizoz, 15-Andoni Iraola, 5-Fernando Amorebieta, 3-Jon Aurtenetxe, 23-Borja Ekiza, 14-Markel Susaeta (28_Ibai Gomez 83), Ander Iturraspe, 21-Ander Herrera (6-Mikel San Jose 73), 9-Fernando Llorente (2-Geizka Toquero 87), 10-Oscar de Marcos, 19-Iker Muniaín.

Wasit: Jonas Eriksson

Sumber : Kompas.com


No comments:

Post a Comment