Thursday, May 3, 2012

'Anak-anak Tuhan' Pertahankan Gelar Juara

Ekspresi Siem de Jong (Ajax) merayakan gol saat melawan VVV Venlo di ArenA, Amsterdam, Belanda Rabu (2/5) waktu setempat. Ajax berhasil menjadi juara liga.(Photo : AP Photo/Peter Dejong)

De Godenzonen (anak-anak Tuhan), julukan bagi Ajax Amsterdam mengukir rekor fenomenal dengan meraih gelar Eredivisie Liga Belandanya ke-31. Skuat besutan Frank de Boer tersebut mempertahankan gelar juara setelah mengalahkan VVV Venlo 2-0 di Amsterdam Arena, Kamis (3/5) dini hari.


Total koleksi juara Ajax terpaut cukup jauh dari PSV Eindhoven yang baru 21 juara Liga Belanda.

Gelandang Siem de Jong menjadi pahlawan bagi timnya setelah mencetak dua gol, masing-masing pada menit kedelapan dan ke-58. Tambahan dua gol itu membuat Siem de Jong mencetak 16 gol musim ini.

Dengan raihan tiga angka itu, Ajax kini meraih 73 poin dari 33 pertandingan. Mereka unggul enam poin atas Feyenoord Rotterdam yang menempati urutan kedua dengan 67 poin. Dengan satu partai tersisa maka dipastikan perolehan poin Ajax tidak terkejar.

Raihan juara ini menjadikan pelatih Frank de Boer mencatatkan rekor di Ajax dan sekaligus membuatnya masuk jajaran pelatih langka berprestasi. Mantan punggawa timnas Belanda tersebut menjadi pelatih kelima yang mampu menjuarai Eredivisie secara back to back.

Empat pelatih lainnya adalah Rinus Michels (1965-66, 1966-67, 1967-68), Louis van Gaal (1993-94, 1994-95, 1995-96), Eric Gerets (1999-00, 2000-01), dan Guus Hiddink (2004-05, 2005-06).

Frank de Boer menjadi pelatih kedua setelah Gerets yang menjuarai Eredivisie back to back sebagai pemain dan pelatih. Semasa menjadi bek, dia membawa Ajax juara Liga Belanda pada 1993-94, 1994-95, dan 1995-96 itu.

Raihan juara yang didapat Ajax musim ini dibarengi dengan penampilan impresif Jan Vertonghen dkk. Ajax sempat tertinggal lima poin dari AZ Alkmaar pada paruh musim dan tercecer di posisi keempat pada Februari lalu. Namun usai dipermalukan FC Utrecht di kandang sendiri, anak asuh Frank De Boer tersebut tampil menggila dengan meraih 13 kemenangan berturut-turut.

Saudara kembar Ronald de Boer tersebut merasa senang dengan pencapaian anak asuhnya. Apalagi dalam laga terakhir di kandang tersebut fans fanatik yang memenuhi Amsterdam ArenA terus meneriakkan yel-yel “juara” sepanjang pertandingan.

“Semua pihak di klub ini sangat senang meraih titel juara,” ujar Frank de Boer. “Kami bermain sepakbola yang baik. Setelah itu, para pemain dan staf merasa lega,” tambah dia dikutip laman resmi klub.

Usai laga, dia berharap pemain muda Ajax kian matang menghadapi Liga Belanda dan kompetisi Liga Champions musim depan. Apalagi Ajax dipastikan ditinggal dua pemain seniornya, yaitu Andre Ooijer yang memasuki masa pensiun dan Jan Vertonghen yang diincar sejumlah klub luar Belanda pada bursa transfer mendatang.

Namun, ia yakin musim depan timnya tetap difavoritkan sebagai kandidat juara. “Kami tidak berhenti bermain sepak bola. Anda tahu bahwa kami tajam dari awal dan terus bermain dengan lebih baik musim depan,” kata Frank de Boer

Sumber :Republika.co.id

No comments:

Post a Comment