Tuesday, May 8, 2012

Kostum Baru Arsenal, Terinspirasi Inovasi Chapman



Senin (7/5) kemarin, Arsenal resmi memperkenalkan desain kostum baru mereka yang akan dikenakan pada musim depan. Melalui situs resmi klub, Arsenal pun sudah mempersilakan publik dan fans memesan kostum kandang untuk musim 2012-13 itu.


Sesuai tradisi klub, kostum kandang terbaru akan bernuansa warna merah dan putih. Merah mendominasi bagian utama kostum baru, sementara lengan dan celana akan berwarna putih. Di bagian lengan juga akan terdapat garis biru gelap dan merah.

Di bagian leher yang berwarna biru gelap, tetap akan ada tulisan "Victoria, Concordia, Crescit" , moto Arsenal sejak 1948, yang diartikan sebagai "Kemenangan melalui Harmoni"

Asal-usul desain warna biru di kostum terbaru ini juga mengadaptasi dari kostum kandang The Gunners di era manajer legendaris, Herbert Chapman pada 1930-an. Manajer yang menukangi Arsenal antara 1925 dan 1934 itu mampu mempersembahkan tiga gelar Liga Inggris dan piala FA.

Chapman sendiri merupakan penganut taktik modern di sepak bola. Dia juga memperlopori penggunaan kostum bernomor punggung dan juga bola berwarna putih di sepak bola. Pun membuat perubahan signifikan terhadap kostum Arsenal untuk musim 1933-34.

Pada tahun itu, Champman menambahkan lengan putih ke dalam kostum yang sebelumnya didominasi dengan warna merah. Pun lingkaran biru yang juga diperkenalkan melalui kaus kaki. Alasan Chapman untuk semua inovasi itu adalah, dia ingin memaksimalkan visibilitas pemain Sehingga memudahkan pemain melihat rekannya di lapangan.

"Para pemain selalu merasa senang mencoba kostum baru untuk pertama kalinya. Dan yang satu ini tidak mengecewakan. Arsenal adalah klub dengan sejarah yang luar biasa, dan ini kostum berkelas, modern sekaligus brilian," ujar winger The Gunners, Theo Walcott.

Untuk logo klub akan kembali ke desain semula. Setelah pada musim 2011-12, mereka memperkenalkan desain unik, khusus merayakan 125 tahun klub. (irawan)

Sumber : duniasoccer.com

No comments:

Post a Comment