Tuesday, May 8, 2012

Legenda Timnas Senegal Tutup Usia

Bocande - IST


Kabar duka kembali menyelimuti dunia sepakbola. Mantan punggawa Timnas Senegal, Jules-Francois Bocande, tutup usia.

Federasi Sepakbola Senegal (FSF) pada hari Senin (7/5/2012) waktu setempat mengonfirmasi bahwa Bocande meninggal dunia akibat penyakit struk yang dideritanya.

Bocande meninggal dunia di usia yang relatif muda, yakni 54 tahun, sesaat setelah melakukan operasi di sebuah rumah sakit di Prancis.

Bocande memulai karier sepakbolanya di sebuah klub sepakbola Senegal bernama Casa Sport pada tahun 1978. Namun, dia menuai kesuksesan bersama klub asal Prancis FC Metz, dengan menjadi top skorer berkat torehan 25 golnya di musim 1985/1986.

Kemudian secara beruntun Bocande memperkuat Paris Saint Germain, Nice, dan Lens. Bocande menjadi bagian dari skuad Senegal di Piala Afrika musim 1986, 1990, dan 1992. Dia mencetak 20 gol dari 73 penampilan.

Setelah memutuskan gantung sepatu pada 1994, Bocande ditunjuk sebagai pelatih timnas Senegal. Tapi, kemudian posisinya digusur menjadi salah satu staf pelatih.

"Ini adalah sebuah kehilangan besar bagi sepakbola Senegal. Kami tahu dia sedang sakit. Bocande menyelamatkan sepakbola Senegal. Dia memberikan seluruh talenta dan komitmennya bagi sepakbola Senegal," tutur Presiden FSF, Augustin Senghor, sebagaimana dilansir Goal.

Sumber : inilah.com

No comments:

Post a Comment