Wednesday, July 4, 2012

UEFA Tetap Alergi Teknologi Garis Gawang

Gol Ukraina ke gawang Inggris yang tidak disahkan oleh wasit, saat pertandingan kedua tim di penyisihan grup D Euro 2012


Kepastian untuk menerapkan teknologi garis gawang atau Goal-Line Technology (GLT) akan diputuskan pada pertemuan antara UEFA dan FIFA pekan ini. Anehnya, Presiden UEFA, Michel Platini ternyata masih menunjukkan antipati dengan inovasi di lapangan sepakbola itu.



Platini menegaskan bahwa ia tetap menentang pemakaian teknologi dan meminta sepakbola tidak boleh dikotori sensor atau kamera. Keengganan Platini ini dipastikan akan berbenturan dengan niatan FIFA untuk segera memakai GLT di sepakbola.

Desakan itu kian keras setelah gol Ukraina melawan Inggris di Grup D pada Euro 2012 lalu, tidak disahkan. Padahal bola sudah melintasi garis gawang. Tetapi Platini berdalih bahwa kasus itu karena kesalahan ofisial tambahan yang gagal melihat melintasnya bola.

"Gol antara Inggris lawan Ukraina memang terjadi. Tetapi gol itu murni karena kesalahan wasit," kata Platini. "Ada offside sebelum gol itu terjadi. Jadi mengapa kita harus memakai teknologi hanya untuk memutuskan offside?

Platini beralasan, penolakannya kepada GLT karena hal itu akan semakin memperumit sepakbola dan kian menempatkan olahraga itu dalam keputusan yang tidak terduga.

"Saya menentang teknologi yang memaksakan keputusan-keputusan sendiri. GLT akan memasuki banyak area, dan ketika ada handball maka wasit pun tidak tahu." (dey)

Sumber berita/foto : Tribunews.com

No comments:

Post a Comment