Tuesday, July 10, 2012

Nilai Transfer Pemain Menurun

Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional menyatakan, jumlah dan nilai transfer pesepak bola internasional menurun drastis dalam enam bulan terakhir. Resesi ekonomi yang melanda sejumlah negara Eropa dan penerapan aturan keuangan oleh Asosiasi Sepak Bola Eropa dinilai menjadi penyebab.


Kepala Badan Integritas dan Kepatuhan-Sistem Transfer Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Isabelle Solal, Jumat (6/7), mengatakan, pihaknya terus mengamati fenomena itu hingga beberapa bulan mendatang.

”Kami terus mengamati fenomena yang terjadi hingga Agustus atau September mendatang saat bursa transfer masih berjalan. Apakah ini akan terus terjadi atau hanya kecenderungan sementara saja,” katanya kepada kantor berita BBC.

Berdasarkan data transfer matching system (TMI) FIFA, dalam enam bulan terakhir terjadi 4.973 transfer pemain di seluruh dunia dengan total nilai mencapai 576 miliar dollar AS. Jumlah transfer itu merosot 9 persen pada enam bulan pertama tahun 2012.

Merosotnya jumlah transfer tersebut berdampak pada menurunnya nilai total uang yang berputar, yaitu 34 persen.

Solal menyebutkan, penyebab utama fenomena tersebut adalah karena resesi ekonomi di beberapa negara Eropa, terutama negara-negara yang memiliki liga besar, seperti Inggris, Italia, Perancis, Spanyol, dan Jerman. Penerapan aturan keuangan baru dari Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) juga menjadi penyebab.

Lebih lanjut, Solal menjelaskan, klub-klub sepak bola saat ini berusaha menyeimbangkan kondisi keuangan klub mereka karena sebagian besar terlilit utang. FIFA, katanya, akan melihat kondisi yang lebih jelas setelah masa jendela transfer ditutup pada September mendatang.

Aturan keuangan yang baru diperkenalkan dan diterapkan UEFA adalah untuk memastikan bahwa sebuah klub sepak bola membelanjakan sejumlah uang untuk melakukan pembelian pemain-pemain bintang yang berasal dari laba atau keuntungan yang diperoleh pada musim sebelumnya. Selama ini, dana untuk membeli pemain bintang, dengan nilai puluhan juta dollar, sering kali berasal dari pinjaman, bukan dari kas klub yang bersangkutan.

Aturan yang hampir sama telah diterapkan pada liga bola basket di Amerika Serikat, NBA. Dengan aturan pembatasan gaji pemain (salary cap), klub-klub NBA diberikan batasan oleh pengelola liga untuk menggelontorkan dana pembelian dan penggajian para pemain bintang.

Jendela transfer

Lima liga besar di Eropa, yaitu Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Inggris, Liga Perancis, dan Liga Jerman, tengah memasuki jendela transfer tengah tahun yang berlangsung pada 1 Juli hingga 31 Agustus mendatang. Jendela transfer Liga Skotlandia juga berlangsung pada saat yang sama.

Meski demikian, sejak Januari bursa transfer sudah mulai ramai. Klub Inggris, Newcastle United, resmi mengontrak penyerang Papiss Demba Cisse (Freiburg, Jerman) dengan nilai kontrak 10 juta poundsterling. Sementara Chelsea mengontrak Kevin de Bruyne (Genk, Belgia) dengan nilai 9 juta poundsterling.

Pengelola Liga Inggris sejak awal tahun telah memperbarui hak siar televisi dengan nilai mencapai 3 miliar poundsterling untuk musim kompetisi 2012-2013. (MHD)

Sumber : KOMPAS.com

No comments:

Post a Comment