Saturday, July 7, 2012

Sistem Peringkat FIFA Akan Lebih Diperjelas

Brasil tersingkir dari sepuluh besar, sementara Inggris di posisi empat di peringkat FIFA dan hal ini dinilai sebuah anomali.


Daftar peringkat FIFA terbaru menuai pertanyaan besar. Pasalnya banyak tim yang dinilai tidak berada di posisi yang tepat di daftar peringkat FIFA tersebut.

Brasil misalnya, yang menduduki peringkat 11. Sementara Inggris, yang tak begitu mentereng di Piala Eropa 2012, duduk di posisi empat.

Spanyol, Jerman dan Uruguay berada di posisi satu dua dan tiga, sementara finalis Piala Eropa 2012, Italia, hanya duduk di posisi enam.

Dari daftar tersebut, tak sedikit yang mengkritik FIFA karena sistem peringkat yang tak bisa dilihat secara jelas oleh orang luar.

Sekretaris umum FIFA Jerome Valcke pun menjanjikan akan lebih memberikan penjelasan yang lebih baik di masa mendatang terkait sistem peringkat FIFA tersebut.

"Saya tahu perngkat FIFA semacam ini sulit dipahami karena level dan sejumlah kriteria yang dipertimbangkan," ungkap Valcke.

"Ada tim yang lebih banyak memainkan laga uji coba dibanding tim lain, dan Anda bisa melihat perbedaannya tak begitu logis, tapi peringkat, saya bisa mengatakan, masih jelas menggambarkan level yang bagus untuk sepakbola internasional."

Untuk Brasil yang tersingkir dari sepuluh besar, Valcke punya alasannya sendiri.

"Brasil tak main di pertandingan resmi, hanya laga uji coba karena mereka sudah lolos," jelasnya.

"Pokoknya akan ada pertemuan internal dan juga dengan komite sepakbola untuk membicarakan masalah peringkat ini. Kami ingin lebih menjelaskan dengan mudah cara penyusunan peringkat ini," tandasnya.

Sumber : Goal.com 

No comments:

Post a Comment