Tuesday, September 24, 2013

24 September 1961: Debut Juara Dunia Tertua di Serie-A

Kiper legendaris Italia, Dino Zoff, harus menempuh jalan panjang sebelum mencapai kejayaan. Zoff mengawali debut profesionalnya di Serie-A bersama Udinese pada 24 september 1961 silam. Kala itu, Zoff masih berusia 19 tahun.



Berhadapan dengan Fiorentina, Zoff terpaksa menelan pil pahit lantaran Udinese takluk 2-5 di pertandingan tersebut.Sepanjang musim 1961-62, Zoff hanya dipercaya tampil sebanyak empat kali.

Belum lagi, Zebrette harus turun kasta ke Serie-B setelah terbenam di dasar klasemen saat itu. Zoff memperkuat Udinese selama semusim di kasta kedua sebelum kembali ke Serie-A bersama Montova pada 1963.

Nasib Zoff mulai berubah setelah hengkang ke Napoli pada 1967. Tak satu pun trofi berhasil diraih Zoff selama lima musim merumput bersama Napoli. Akan tetapi, berkat penampilan gemilangnya, dia mampu menembus tim nasional senior Italia pada 1968.

Pada akhirnya, Zoff meraih kesuksesan setelah direkrut oleh Juventus. Dia bermain bagi La Vechia Signora selama 11 musim.

Zoff turut berjasa membawa Juventus enam kali juara di Serie-A, serta masing-masing satu trofi dari ajang Coppa Italia dan UEFA Cup (Europa League). Di level internasional, dia berhasil membantu Italia menjadi juara Piala Eropa 1968 dan juara dunia 1982.

Hingga kini, Zoff menjadi pemain tertua yang mampu merasakan gelar juara di Piala Dunia. Hingga gantung sepatu, Zoff mencatatkan 112 penampilan bersama Gli Azzurri.

Sumber berita/foto : Duniasoccer.com

No comments:

Post a Comment