Monday, May 31, 2010

Potong Sapi Demi Sukses Piala Dunia

Tak berbeda dengan di Indonesia, kepercayaan terhadap hal mistis melekat kuat di Afrika Selatan. Atas alasan itulah warga sekitar stadion menyembelih sapi demi menghindarkan Piala Dunia dari gangguan roh.

Seremoni sembelih sapi demi melancarkan penyelenggaraan Piala Dunia dilakukan Selasa (25/5/2010) kemarin di stadion terbesar, Soccer City. Rencananya prosesi serupa akan dilakukan di 10 stadion yang jadi tuan rumah Piala Dunia 2010.

Diungkapkan Kepala Organinasasi Paranormal Nasional, Phepsile Maseko, upacara sembelih sapi tersebut dilakukan untuk membersihkan udara dan memastikan kalau roh-roh yang ada tidak takut dengan banyaknya bahasa yang akan digunakan selama Piala Dunia nanti. Demikian dikutip dari Reuters.

"Yang pertama, kami memberkati stadion sebagai simbol selamat datang kepada negara-negara yang datang. Kami membakar dupa dan obat-obatan lain dan kami juga menyembelih seekor sapi di dekat stadion. Sapi itu adalah simbol kekuatan...itu sapi pemersatu," papar Maseko.

Sebanyak sekitar 300.000 orang dari seluruh dunia akan mendatangi Afrika Selatan selama digelarnya Piala Dunia 2010. Penyembelihan binatang sudah menjadi kebiasaan yang umum di antara penduduk lokal Afrika Selatan demi mencari pemberkatan.

Maseko juga mengatakan kalau seremoni tersebut sekaligus untuk melindungi seluruh 10 stadion yang jadi venue pertandingan. Termasuk di antaranya adalah Ellis Park, di mana 43 fans tewas dalam sebuah bentrok di tahun 2001 silam, sebuah peristiwa yang kemudian dikenal sebagai periode terkelam sepakbola negara tersebut..

"Roh dari orang-orang itu masih menggantung di sekitar stadion. Kami harus membersihkan roh-roh tersebut," tuntas dia.

Sumber : detiksports

No comments:

Post a Comment