Monday, August 23, 2010

Ballack Debut, Leverkusen Ngebut

Liga Jerman
Hasil Tanggal 23 Agustus 2010

Speltag-1
Borussia Dortmund 0 - 2 Bayer Leverkusen
Tranquillo Barnetta 19', Renato Augusto 22'

Michael Ballack melakukan debut dengan sempurna. Ia mengantarkan Bayer Leverkusen menang 2-0 melawan Borussia Dortmund, Minggu (22/8/2010) (Photo : Kompas/AFP)

Michael Ballack tampil gemilang dalam debutnya bersama Bayer Leverkusen di musim ini dan mengantarkan timnya menang 2-0 melawan tuan rumah, Borussia Dortmund, di pertandingan Bundesliga 1, Minggu (22/8/2010).

Ini adalah pertama kalinya Ballack bermain di Bundesliga dalam empat tahun terakhir. Terakhir kali dia bermain di Bundesliga saat membela Bayern Muenchen (klub Ballack saat itu) melawan Dortmund, Mei 2006 lalu. Meski sudah berusia 33 tahun, Ballack tetap tampil penuh semangat di pertandingan ini.

Untuk Dortmund, kekalahan sebenarnya tak pantas mereka terima. Mengacu pada statistik, tuan rumah mampu menguasai bola hingga 55 persen. Mereka juga lebih agresif dengan melepaskan enam tembakan ke arah gawang. Namun sayang, kurang tenangnya penyelesaian akhir membuat Dortmund gagal mendapatkan poin.

Adapun Leverkusen tampil efektif. Tiap kali melakukan serangan balik, Stefan Kiessling dan kawan-kawan selalu mampu membahayakan gawang lawannya. Di menit ke-19, Leverkusen langsung mampu memanfaatkan peluang pertama mereka.

Umpan Arturo Vidal sukses dilesatkan Tranquillo Barnetta ke pojok kiri bawah gawang Roman Weidenfeller. Tak puas sampai di situ, selang tiga menit kemudian giliran Renato Augusto yang beraksi mengoyak gawang tuan rumah.

Eren Derdiyok memberi asissts dengan manis kepada Augusto yang telah menunggu di tengah kotak penalti. Dengan tenang, pemain bernomor punggung sepuluh itu langsung mengirim bola ke tiang dekat gawang Dortmund, 2-0 untuk Leverkusen.

Dortmund yang mencoba bangkit terus menyerang pertahanan Leverkusen. Sayangnya, semua usaha mereka itu sia-sia karena barikade pertahanan Sami Hyypia dan kawan-kawan tak mampu mereka tembus. Skor akhir tetap 2-0 untuk kemenangan Leverkusen. (*)

Susunan pemain
Borussia Dortmund: Roman Weidenfeller; Mats Hummels, Neven Subotic, Marcel Schmelzer, Patrick Owomoyela (Dimitar Rangelov 77); Nuri Sahin, Sebastian Kehl (Robert Lewandowski 63), Mario Gotze, Kevin Groskreutz (Lukasz Piszczek 67); Lucas Barrios, Shinji Kagawa

Bayer Leverkusen: Rene Adler; Sami Hyypia, Stefan Reinartz, Michal Kadlec, Gonzalo Castro; Michael Ballack, Arturo Vidal, Tranquillo Barnetta, Renato Augusto (Daniel Schwaab 81), Eren Derdiyok, Stefan Kiessling

Sumber : kompas.com

No comments:

Post a Comment