Friday, August 6, 2010

Final Liga Champions Asia Tidak Lagi Di Tempat Netral

Mulai musim depan, final Liga Champions Asia tidak akan lagi digelar di tempat netral, tapi di salah satu kandang finalis.Dalam pernyataan yang dilansir situs resminya, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mengatakan final di tempat netral tidak menarik banyak penonton.

Tahun lalu, final Liga Champions Asia di Tokyo -- yang mempertemukan Pohang Steelers dan Al-Ittihad -- hanya disaksikan 25 ribu penonton. Final di tempat netral itu yang kali pertama sejak kompetisi mengalami re-branded tahun 2003.

"Komite kompetisi AFC melihat jika grand finale diselenggarakan di salah satu kandang finalis, partisipasi masyarakat datang ke stadion akan lebih banyak, dan citra turnamen terangkat," demikian pernyataan resmi AFC.

AFC juga mengatakan undian untuk menjadi tuan rumah akan dilakukan sebelum final 2011 dan 2012, untuk menentukan siapa dari dua finalis yang menjadi tuan rumah pertandingan.

Liga Champions Asia dalah kompetisi terbesar di Asia, dengan tim-tim di babak pendahuluan dipecah menurut kawasan; Timur dan Barat. Pemecahan ini dimaksudkan agar tim tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya perjalanan.

Namun segalanya menjadi mahal dan sulit bagi fans dan klub jika mencapai perempat final. Asia terlalu luas, dan menjadi semakin luas dengan masuknya Australia. 

Sumber : goal.com

No comments:

Post a Comment