Sunday, August 1, 2010

Pato Selamatkan Rossoneri

Lukasz Fabianski tak mampu membendung tandukan striker AC Milan Alexandre Pato / Reuters

Melakoni laga Emirates Cup di Stadion Emirates, Sabtu (31/7/2010) malam, Arsenal ditahan 1-1 oleh tamunya AC Milan. Adalah Alexandre Pato yang menyelamatkan Rossoneri dari kekalahan.

Pada laga ini, Wenger tidak menurunkan penjaga gawang nomor satu The Gunners, Manuel Almunia. Lukasz Fabianski dipercaya menggantikan peran penjaga gawang asal Spanyol.

Sebagai ujung tombak, The Professor menurunkan striker rekrutan anyar Marouane Chamakh sebagai starter. Chamakh dilapisi Andrey Arshavin, Samir Nasri dan Tomas Rosicky. Sedangkan kapten Cesc Fabregas, serta duo striker Robin van Persie dan Nicklas Bendtner masih absen.

Sementara itu, Rossoneri belum menjajal penjaga gawang anyarnya, Marco Amelia, dan memilih Christian Abbiati menempati pos terakhir di barisan pertahanan. Duet Pato dan Marco Boriello menjadi strategi serangan yang diterapkan pelatih anyar Massimiliano Allegri.

Arsenal terlihat mendominasi jalannya laga di babak pertama. Peluang emas tercipta di menit 18 melalui tendangan sudut. Namun, Chris Vermaelen yang menyambutnya tak mampu menjebol gawang Milan. Abbiati melakukan penyelamatan dengan gemilang.

Namun memasuki menit 37, Arshavin melancarkan serangan berawal dari merebut bola dan menggiringnya ke tengah lapangan. Mendekati kotak pertahanan Milan, kapten Timnas Rusia mengarahkan umpan pada Chamakh dan striker asal Maroko dengan mudah menaklukkan Abbiati. 1-0 Arsenal unggul.

Tiga menit berselang, tuan rumah nyaris menambah keunggulan. Berawal dari aksi Nasri di sisi kanan, kemudian umpan diberikan pada Rosicky yang gesit menyodok bola. Sayang, kali ini Abbiati sigap mengantisipasi dengan kakinya. Skor urung berubah hingga turun minum.

Babak kedua, laga yang sangat menghibur tetap ditampilkan kedua tim, yang mulai musim 2010/2011 sama-sama disponsori perusahaan penerbangan Fly Emirates. Kembali Arsenal melanjutkan dominasinya.

Kendati tuan rumah menguasai laga, bukan berarti raksasa Serie A menyerah begitu saja. Terbukti di menit 76, Milan menyamakan kedudukan. Berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi Clarence Seedorf, kemudian disambut apik oleh Pato. Striker asal Brasil merubah skor menjadi 1-1.

Peluang emas kedua tim masih tercipta di menit-menit akhir pertandingan. Namun, kedudukan imbang bertahan hingga wasit meniup peluit panjang, tepat di menit 90.

Hasil ini menempatkan Arsenal di peringkat tiga klasemen sementara Emirates Cup dan Milan sebagai juru kunci karena tuan rumah mencatatkan lebih banyak tembakan ke arah gawang. Sementara Glasgow Celtics memuncaki klasemen, usai bermain 2-2 dengan Olympique Lyon, yang berhak menempati peringkat dua.

Susunan pemain:
Arsenal: Fabianski, Vermaelen, Koscielny, Rosicky, Nasri, Wilshere, Arshavin, Eboue, Gibbs, Chamakh, Frimpong - Subs - Sagna, Vela, Walcott, Djourou, Clichy, Emmanuel-Thomas, Randall, Nordveit, Szczesny.

AC Milan: Abbiati, Papstathopoulos, Nesta, Yepes, Antonini, Seedorf, Abate, Gattuso, Flamini, Pato, Borrielo - Subs - Adiyah, Beretta, Amelia, Strasser, Oddo, Zambrotta, Bonera, Albertazzi.

Sumber : Okezone.com

No comments:

Post a Comment