Sunday, August 22, 2010

Sihir Gunners Lumpuhkan Blackpool

Liga Inggris
Hasil Tanggal 21 Agustus 2010

Pekan-2
Arsenal 6 - 0 Blackpool
Walcott 12', 39', 58', Arshavin 32', Diaby 49', Chamakh 83' --- Ian Evatt 31'km

Theo Walcott merayakan gol ketiganya melawan Blackpool / Foto: Daylife

Blackpool gagal mengulangi kejutan seperti pada laga pembuka Premier League. Menyambangi Arsenal di Emirates Stadium, klub promosi itu dibuat tak berdaya oleh skuad London Utara yang membombardir mereka 6-0, Sabtu (21/8/2010).

Sehari sebelum pertandingan, Arsene Wenger telah memastikan, Fabregas dan bomber andalan Robin van Persie bakal kembali dalam skuad. Namun, pelatih Prancis ternyata belum berani menurunkan keduanya sebagai starter.

Kendati tidak diperkuat kedua finalis Piala Dunia 2010, armada Gunners rupanya tampil penuh percaya diri di hadapan pendukungnya sendiri. Manuel Almunia memang sempat diuji melalui peluang David Vaughan di menit 10. Namun, Theo Walcott lah yang berhasil menghidupkan Emirates Stadium melalui golnya, dua menit berselang.

Berawal dari kerjasama apik Marouane Chamakh, Andrey Arshavin dan Tomas Rosicky, bintang muda Inggris membawa tuan rumah unggul 1-0 usai menceploskan bola ke sudut kiri gawang Matthew Gilks.

Blackpool berupaya menciptakan kejutan seperti layaknya laga perdana mereka di Premier League, pekan lalu. Adalah Gary Taylor-Fletcher yang berpeluang menyamakan kedudukan di menit 15 setelah menyambut umpan silang Stephen Crainey melalui tandukan. Sayang, header-nya masih melebar.

Anak-anak asuh Ian Holloway justru harus melanjutkan laga dengan 10 pemain setelah Ian Evatt diusir wasit Michael Jones di menit 30 akibat aksinya melanggar Chamakh di kotak terlarang. Tanpa ragu, Jones pun menunjuk titik putih. Arshavin, yang dipercaya menjadi eksekutor, tanpa kesulitan memaksa Gilks kembali memungut bola dari dalam gawang.

Unggul dua gol, skuad Meriam London justru semakin panas. Hanya tujuh menit berlalu setelah gol Arshavin, ribuan Gooner kembali bersorak menyambut gol kedua Walcott. Menerima umpan dari Jack Wilshere, Walcott mengontrol bola sejenak sebelum berputar dan melepaskan tendangan menyusur tanah ke dalam gawang Gilks. Arsenal pun menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0.

Semangat tinggi yang diusung kubu tuan rumah belum meredup di babak kedua. Terbukti, Arsenal kembali menambah derita The Seasiders -julukan Blackpool- ketika laga memasuki menit 49. Berawal dari pergerakan Bacary Sagna di sektor kanan, bek Prancis melepaskan umpan tarik ke arah Abou Diaby di kotak penalti. Tanpa menyia-nyiakan peluang, Diaby segera mengantarkan The Gunners unggul 4-0.

Memasuki menit 58, Walcott menyempurnakan penampilan impresifnya malam ini dengan hattrick. Menyambut umpan terobosan Diaby, penyerang 21 tahun membawa bola ke depan kotak penalti sebelum mengubah papan skor menjadi 5-0.

Chamakh sebenarnya berpeluang menambah pundi-pundi gol, tiga menit kemudian, menyusul umpan silang cantik Arshavin di depan gawang. Sayang, kendati sudah dalam posisi bebas, striker Maroko gagal memaksimalkan peluang. Tendangan Chamakh masih melambung di atas mistar.

Keputusan Wenger menurunkan Fabregas dan van Persie menggantikan Diaby dan Arshavin di menit 62 disambut sorakan gembira publik Emirates. Tidak lama setelah itu, The Professor pun menarik masuk Walcott untuk memasukkan striker internasional Meksiko Carlos Vela.

Fabregas dan van Persie tampaknya belum menemukan kembali performa optimal mereka. Bahkan, Wenger sempat dibuat cemas ketika van Persie terjatuh dan memegangi kaki kirinya dengan kesakitan. Untungnya, bomber Belanda masih bisa melanjutkan pertandingan.

Van Persie menorehkan kontribusinya dalam laga ini di menit 83, yang berujung pada gol Chamakh. Mantan punggawa Feyenoord melepaskan sepak pojok sebelum Chamakh mengakhiri laga dengan skor enam gol tanpa balas dan mengantarkan Arsenal ke puncak klasemen sementara.

Hasil lain pertandingan Sabtu malam:

Birmingham City 2 - 1 Blackburn Rovers
Everton 1 - 1 Wolverhampton Wanderers
Stoke City 1 - 2 Tottenham Hotspur
West Bromwich A. 1 - 0 Sunderland
West Ham United 1 - 3 Bolton Wanderers

Sumber : okezone.com

No comments:

Post a Comment