Sunday, February 5, 2012

Penantian 16 Tahun Zambia Terbayar

Pemain Zambia berlari-lari kecil mengawali latihan sesi pagi mereka di Bata, tiga hari sebelum partai perempat final Piala Afrika, Rabu (1/2). Zambia akan melawan Sudan.(Photo : AFP/ABDELHAK SENNA)

Setelah menunggu 16 tahun, Zambia akhirnya berhasil kembali menembus semifinal Piala Afrika. Pada pertandingan perempat final, Zambia mengalahkan Sudah dengan skor 3-0, Sabtu (4/2/2012) di Bata, Guinea Ekuatorial atau Minggu (5/2/2012) WIB.


Zambia yang bermain dominan mampu unggul terlebih dulu setelah Stophira Sunzu menjebol gawang Sudan di menit ke-15. Sudan yang berusaha membalas gagal mencetak gol sampai turun minum tetapi tidak ada gol tercipta.

Di babak kedua, tendangan penalti kapten Zambia, Christopher Katongo berhasil ditepis kipper Sudan, Akram El hadi Salem. Namun, Katongo segera menendang kembali bola muntah sehingga menghasilkan gol kedua bagi Zambia.

Pendukung Zambia semakin larut dalam kegembiraan setelah James Chamanga mencetak gol ketiga dan memastikan Zambia lolos ke semifinal. Zambia terakhir kali menembus semifinal Pala Afrika pada tahun 1996.

Sumber : Kompas

No comments:

Post a Comment