Tuesday, September 24, 2013

Wasit Perempuan Dilecehkan Suporter!

Shelby Davis, wasit perempuan berusia 21 tahun - (Foto:Riset)

Isu gender masih menjadi masalah, bahkan di negara maju seperti Inggris. Seorang wasit perempuan meninggalkan pertandingan karena tersinggung atas komentar diskriminatif.



Shelby Davis, wasit perempuan berusia 21 tahun yang memimpin sepak bola U-15, tak mau melanjutkan babak kedua pertandingan antara Pirelli Pirates Youth melawan Wyvern Youth di Piala Hampshire.

“Itu adalah hal paling buruk yang pernah saya lihat di sepak bola. Wasit menangis, itu buruk sekali dan saya harap hal seperti ini tak terulang lagi,” ujar komentator yang tak disebutkan namanya kepada Daily Echo.

Wasit yang sudah bertugas selama tujuh tahun itu tak bisa membendung air matanya setelah mendengar komentar bernada melecehkan gender dari orang tua salah satu pemain Pirates di pinggir lapangan. Insiden itu terjadi saat kedua tim didampingi wasit berjalan masuk ke ruang ganti pada saat jeda antarbabak.

Beberapa saksi mengungkapkan bahwa kalimat yang membuat Shelby tersinggung kurang lebih berbunyi, “Kamu perempuan, kamu tidak seharusnya terlibat dalam sepak bola. Pergi, ambil tas jinjingmu dan pulang sana ke rumah.”

Asosiasi Sepak bola Hampshire, setingkat pengurus provinsi di Indonesia, memastikan mengambil tindakan tegas terhadap masalah ini.

“Kami membenarkan bahwa sebuah laporan telah diterima dari wasit pada laga antara Wyvern U15 Youth dan Pirelli Pirates Youth U15 pada 15 September 2013.”

“Menyusul investigasi awal, Pirelli Pirates Youth FC dituntut karena menyebabkan pertandingan dibatalkan, perilaku tak terpuji dari suporter klub dan suporter mengeluarkan komentar yang bersifat diskriminatif.”

“Klub punya waktu hingga 3 Oktober 2013 untuk merespon tuntutan ini... Hampshire FA tidak mentoleransi dan berkomitmen untuk memberantas diskriminasi,” demikian nukilan bunyi keputusan Hampshire FA.

Sumber: Daily Star/Duniasoccer.com

No comments:

Post a Comment